PSSI Dapat Pujian dari FIFA?

Ditengah carut marutnya masalah sepak bola yang berhembus akhir-akhir ini, ternyata FIFA memberikan pujian terhadap PSSI lho. Begini pujian FIFA terhadap PSSI.

Carut marutnya prestasi sepak bola Indonesia terjadi akhir-akhir ini. Mulai gagalnya prestasi timnas di Piala AFF hingga kasus pengaturan skor yang berhembus di persepakbolaan Inonesia.

Memang prestasi sepakbola Indonesia saat ini belum bisa memuaskan masyarakatnya. Namun, pujian justru datang dari presiden FIFA selaku induk federasi sepakbola dunia, Gianni Infantino. Dapat pujian apa nih?

Inilah pujian FIFA terhadap PSSI. Gianni Infantino, presiden FIFA, menyebut bahwa PSSI telah melaksanakan dengan baik program pengembangan sepak bola Indonesia.

Gianni Infantino dalam Forum FIFA Executive Football Summits di Doha, Qatar, mengatakan bahwa "Presentasi yang bagus. Ini pencapaian luar biasa. Sepak bola Indonesia memiliki visi yang jelas. Yang terpenting, anda menjalankannya dan membuat kemajuan," dilansir dari bola.net.

FIFA (kabarin.co)

"Tetap semangat, sepak bola Indonesia dikelola orang yang tepat. Saya harap kalian mendapatkan yang terbaik," tambah Infantino.

Ini merupakan forum edisi ketiga sejak 2016, yang dihadiri 50 federasi sepakbola dunia, termasuk PSSI yang ada di dalamnya. 

Dalam pertemuan ini, PSSI mengirimkan wakilnya yakni Joko Driyono selaku Wakil Ketua Umum PSSI, bersama Sekretaris Jendral PSSI Ratu Tisha Destria. Pengembangan soal wasit hingga pelatih pun dijelaskan oleh mereka.

Forum FIFA Executive Football Summits ini merupakan wadah bagi para anggota untuk berdiskusi tentang bagaimana cara mengembangkan sepak bola di setiap negara. Forum ini diadakan dengan harapan agar dapat digunakan sebagai kerja sama yang konstruktif sesama antar-anggota.

Agenda yang paling utama dari forum ini yakni membahas tentang program FIFA Forward 2.0 sepak bola wanita teknologi Video Assistent Referees (VAR's). Pada kesempatan ini, PSSI ditunjuk untuk memberikan presentasi program FIFA Forward yang sudah dijalankan sejak 2017 lalu.

"PSSI memiliki tiga area fokus, dalam program FIFA Forward yakni pelatih, pemain dan wasit. PSSI juga melahirkan Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia), dimana program ini merupakan program berkelanjutan dan diharapkan menjadi kurikulam di sekolah," ujar Tisha.

Presiden FIFA (manadopostonline.com)

Di akhir pernyataan, Ratu Tisha mengucap terima kasih kepada FIFA yang telah memberikan kepercayaan kepada PSSI sebagai salah satu federasi percontohan. Nantinya PSSI akan fokus pada milestone yang sudah ditetapkan pada 2024, 2034, dan 2045.

Semoga akan membawa dampak baik sepak bola kita ke depan yak gengs.

Perwakilan PSSI dan presiden FIFA (statik.tempo.co)