Efektif Banget, Begini Lho Cara Memperkenalkan Diri saat Interview Kerja

Ketika memasuki ruang wawancara, umumnya kamu akan diminta untuk menjelaskan tentang diri kamu. Bagaimana ya caranya agar terlihat mengesankan?

Saat melamar pekerjaan, tentu tujuan utama adalah diterima bekerja di perusahaan tersebut. Maka dari itu, kamu harus tampil baik, dan semua itu dimulai ketika kamu memperkenalkan diri saat interview kerja. Tahapan interview tentu sangat penting, karena menentukan nasib kamu akan diterima di perusahaan tersebut atau tidak.

Ketika memasuki ruang wawancara, umumnya kamu akan diminta untuk menjelaskan tentang diri kamu, baik kelebihan ataupun kekurangan, serta latar belakang. Nah, agar kamu memberikan first impression yang baik saat interview. Berikut ini beberapa cara memperkenalkan diri saat interview. Apa saja?

1. Jangan Menjelaskan Informasi Pribadi dengan Detail


Tidak ada salah memberikan informasi pribadi saat perkenalan wawancara, namun alangkah baiknya jangan berikan secara detail. Karena informasi tentang status, alamat, telpon sudah tertera dalam CV. Menjelaskan data diri secara detail hanya menghabiskan waktu, dan tidak memberi nilai tambah.

2. Jelaskan Apa Saja Pengalaman Kamu

Cara Memperkenalkan Diri saat Interview (via Edmuku)

Setelah selesai dengan data pribadi, lanjutkan dengan menceritakan pengalaman apa saja yang kamu miliki. Tentu yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Tentu ini akan memberi nilai tambah, karena bisa saja kamu dianggap memenuhi kualifikasi yang diinginkan perusahaan.

3. Ceritakan Kemampuan yang Kamu Kuasai

Cara Memperkenalkan Diri saat Interview (via IDN Times)


Selanjutnya ceritakan pada pewawancara tentang kemampuan apa saja yang kamu kuasai. Namun kamu harus jujur ya, jangan dilebih-lebihkan agar terlihat hebat. Karena apa yang kamu ceritakan akan dipertanggungjawabkan saat sudah diterima nanti.

4. Jelaskan Alasan Kamu Melamar Posisi Tersebut

Cara Memperkenalkan Diri saat Interview (via Ekrut)


Ketika interview jangan lupa jelaskan juga alasan masuk akan kenapa kamu melamar posisi yang sedang dicari perusahaan tersebut. Hal ini akan memberikan kesan bahwa kamu memang cocok untuk mengisi posisi tersebut.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara memperkenalkan diri saat interview. Lakukan dengan baik agar kamu juga mendapat kabar baik. Ingat bahwa kamu haris menunjukkan kepercayaan diri yang mengesankan agar diterima bekerja dengan mudah. Semangat!

Cara Memperkenalkan Diri saat Interview (via Rencanamu)