Penemuan Planet Ini Bikin Heboh: Terbungkus Air, Lebih Besar dari Bumi dan di Luar Tata Surya

Penemuan Planet Ini Bikin Heboh: Terbungkus Air, Lebih Besar dari Bumi dan di Luar Tata Surya

Para astronom telah menemukan planet ekstrasurya terdekat yang mungkin terbukti menjadi planet pertama yang tertutup air.

Nama planet itu adalah TOI-1452 b. Planet itu sedikit lebih besar dan lebih masif dari Bumi sekitar 100 tahun cahaya dari planet kita di konstelasi Draco. 

Dalam sebuah makalah "The Astronomical Journal", para peneliti dari University of Montreal menentukan bahwa massa planet menunjukkan bahwa sebagian besar terdiri dari sesuatu yang kurang padat daripada batu, tetapi lebih padat dari gas, tanda potensial dari lautan global.

Konstelasi Draco (tribunnewswiki.com)

# Planet yang Sebagian Besar Massanya adalah Cairan

TOI-1452 b pertama kali menarik perhatian para astronom melalui Transiting Exoplanet Survey Satellite, atau pesawat ruang angkasa Tess milik NASA, yang mempelajari bintang-bintang jauh untuk mengetahui penurunan cahaya mereka yang menandakan sebuah planet ekstrasurya melintas di depan, yang sedang transit, bintang tersebut. 

Data Tess menunjukkan keberadaan sebuah planet ekstrasurya, tetapi pengamatannya tidak definitif.

Orbit bintang TOI-1452 b adalah bagian dari sistem bintang biner, dan Tess tidak memiliki kekuatan untuk menyelesaikan bintang individu dalam sistem itu. Namun, observatorium Observatoire du Mont-Mégantic (OMM) Universitas, bersama dengan metode analitik baru, dapat mengonfirmasi bahwa TOI-1452 b ada.

“OMM memainkan peran penting dalam mengkonfirmasi sifat sinyal ini dan memperkirakan radius planet,” kata Cadieux. “Ini bukan pemeriksaan rutin. Kami harus memastikan sinyal yang terdeteksi oleh TESS benar-benar disebabkan oleh planet ekstrasurya yang mengelilingi TOI-1452, bintang terbesar dari dua bintang dalam sistem biner itu.”

Sebuah instrumen yang dipasang di Teleskop Kanada-Prancis-Hawaii di Hawaii kemudian mengukur massa planet.

Tidak seperti Bumi, yang sebagian besar merupakan planet berbatu dan logam dengan air yang menutupi sekitar 70% permukaannya, TOI-1452 b tampaknya sebagian besar, tetapi tidak seluruhnya, terdiri dari air, dengan sekitar 30% massanya berasal dari cairan. 

Itu semacam lautan global dalam yang lebih mirip dengan perairan dalam yang diyakini bersembunyi di bawah kerak es bulan Saturnus Enceladus daripada lautan Bumi; air membuat kurang dari 1% dari massa planet kita.

Exoplanet terletak di luar tata surya kita.

Letak planet TOI-1452 b (youtube.com)

Masih belum pasti bahwa TOI-1452 b adalah dunia lautan, dan apa artinya itu bagi peluang menemukan kehidupan asing di perairannya, tetapi para peneliti mencatat bahwa Teleskop Luar Angkasa James Webb akan segera dapat membantu menembus misteri tersebut.

Teleskop Luar Angkasa James Webb (id.wikipedia.org)