Penyebab Rambut Rontok Parah yang Perlu Diwaspadai, Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Apakah kamu pernah atau sedang mengalami kondisi rambut rontok parah? Jangan-jangan ini penyebabnya!

Apakah kamu pernah atau sedang mengalami kondisi rambut rontok parah? Apapun yang kamu lakukan, rambut terus berjatuhan sehingga membuatmu khawatir botak. Kira-kira apa ya penyebabnya?

Selama ini kita sepakat bahwa rambut adalah mahkota bagi banyak orang. Alhasil, masalah rambut rontok parah dapat menjadi sumber kekhawatiran serta berpotensi menyebabkan hilangnya kepercayaan diri.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok parah, termasuk kondisi kesehatan tertentu. Agar dapat mendeteksi dini masalah kerontokan rambut, kenali beberapa kondisi kesehatan yang dapat berperan dalam menyebabkan rambut rontok parah berikut ini:

1. Telogen Effluvium

Telogen Effluvium adalah kondisi di mana siklus pertumbuhan rambut terganggu dan menyebabkan lebih banyak rambut untuk memasuki fase istirahat (telogen) dan rontok. Hal ini sering terjadi setelah perubahan signifikan dalam kehidupan seseorang, seperti kehamilan, operasi, dan stres emosional.

2. Alopecia Areata

Penyebab Rambut Rontok Parah (via CRLAB)

Alopecia Areata adalah kondisi autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut, menyebabkan kebotakan patchy atau rambut rontok secara menyeluruh.

3. Folikulitis

Penyebab Rambut Rontok Parah (via Alodokter)

Folikulitis adalah suatu kondisi yang terjadi pada kulit kepala dimana terjadi peradangan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Folikulitis terjadi ketika folikel atau pori-pori kulit terinfeksi oleh bakteri Staphylococcus aureus atau jamur pseudomonas. Gejala umumnya meliputi rasa gatal dan perih, terbentuknya lepuhan pada kulit kepala, serta munculnya jerawat di area tersebut.

4. Hipotiroidisme

Penyebab Rambut Rontok Parah (via YesDok)

Hipotiroidisme adalah kondisi di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Kurangnya hormon ini dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut menjadi tipis dan rapuh.

5. Kekurangan Zat Gizi

Penyebab Rambut Rontok Parah (via Alodokter)

Defisiensi zat gizi tertentu, seperti zat besi, vitamin D, vitamin B12, atau protein, dapat menyebabkan rambut rontok parah. Penting untuk memastikan asupan makanan yang seimbang dan memperhatikan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

6. Efek Samping Obat

Penyebab Rambut Rontok Parah (via Entrasol)

Beberapa jenis obat, seperti obat kemoterapi atau antidepresan dapat menyebabkan rambut rontok parah sebagai efek samping. Jika kamu mengalami kerontokan rambut yang signifikan setelah memulai pengobatan baru, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Kerontokan rambut dapat menjadi masalah yang membuat frustrasi dan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Jika kamu mengalami kondisi rambut rontok parah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendiagnosis penyebabnya dan merencanakan pengobatan yang sesuai.

Selain itu, menjaga pola makan yang sehat, mengelola stres, dan memberikan nutrisi yang baik kepada rambut juga dapat membantu menjaga pertumbuhan dan mencegah rambut rontok parah.

Penyebab Rambut Rontok Parah (via Garnier)