Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Kefir Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kefir sebagai minuman probiotik telah dikenal selama berabad-abad. Apa saja sih khasiatnya untuk kesehatan? Simak ulasannya di sini!

Manfaat kefir sebagai minuman probiotik telah dikenal selama berabad-abad. Kefir merupakan produk fermentasi susu yang kaya akan bakteri baik dan ragi sehingga baik bagi pencernaan. Selain memberikan rasa segar yang lezat, kefir juga memiliki sejumlah manfaat lain yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui apa saja manfaat kefir, mari simak ulasan berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kefir adalah sumber probiotik yang sangat baik, yang terdiri dari berbagai jenis bakteri baik seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium. Probiotik membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus, yaitu komunitas bakteri yang hidup di saluran pencernaan. Sehingga, dengan mengonsumsi kefir secara teratur, dapat menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi risiko sembelit, diare, dan infeksi saluran pencernaan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Kefir untuk Kesehatan Tubuh (via Sindonews Lifestyle)

Manfaat kefir berikutnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kefir mengandung zat aktif yang disebut kefiran, yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Zat ini dapat membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi dan penyakit. Dengan mengonsumsi kefir secara teratur, sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan pemulihan sakit menjadi lebih cepat.

3. Sumber Nutrisi

Manfaat Kefir untuk Kesehatan Tubuh (via Alodokter)

Kefir mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin B, vitamin K, dan probiotik. Protein dalam kefir membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, sementara kalsium mendukung kesehatan tulang yang kuat. Vitamin B dan K berperan penting dalam fungsi saraf dan pembekuan darah yang sehat. Dengan mengonsumsi kefir, kamu dapat memperoleh berbagai nutrisi penting ini dengan cara yang lezat dan mudah.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Kualitas Tidur

Manfaat Kefir untuk Kesehatan Tubuh (via Akurat)

Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat antara kondisi saluran pencernaan dan kesejahteraan psikologis. Kefir dapat membantu memperbaiki kesehatan usus, yang selanjutnya akan berkontribusi pada peningkatan kesehatan mental dan suasana hati yang lebih baik.

Selain itu, kefir mengandung triptofan, asam amino penting yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang berkualitas adalah faktor penting dalam menjaga keseimbangan emosi dan kinerja mental yang optimal.

5. Mendukung Penurunan Berat Badan

Manfaat Kefir untuk Kesehatan Tubuh (via Alodokter)

Kefir rendah kalori dan rendah lemak, sehingga cocok untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat. Kandungan protein dalam kefir juga memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi ngemil berlebihan.

Itulah beberapa manfaat kefir dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan kefir, tidak ada salahnya untuk menjadikan kefir sebagai bagian dari konsumsi keseharian kamu yang segar dan mengenyangkan.

Manfaat Kefir untuk Kesehatan Tubuh (via Technology & Social Media Tips)