Ini Nih Tips dan Trik Rahasia yang Bikin Rumah Bersih dalam Sekejap (Bagian 2)

Ini lho tips dan trik rahasia yang bikin rumah kita bersih dalam sekejap. Kalian perlu coba deh.

Di ulasan sebelumnya, kita udah bahas setidaknya 9 hal di rumah yang bisa kita bersihkan menggunakan tips dan trik sederhana. Nah, ulasan ini adalah kelanjutannya gengs.

Kalian cukup gunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur atau berbagai hal yang ada di rumah kok. Kreatif dikit lah, dan yang paling penting ... jangan manja!

Ayo kita lanjutin, biar rumah tetep kinclong. Ruangan-ruangan dan perabotannya juga tetep bersih. Jadi tetep nyaman deh.

10. Gelas kaca

Vodka ditambah cuka jangan diminum gengs. Soalnya campuran cairan ini bagus banget buat membersihkan perabot gelas kaca di rumah.

Salah satu cairan itu sebenernya boleh juga digunakan sih. Rendam aja tisu ke salah satu cairan itu dan gosok permukaan gelas sampe bersih.

Selesai dari dapur, yuk kita tengok urusan baju kotor ....

Oke juga nih pake cuka (family-revolution.com)

11. Noda makanan di pakaian

Untuk membersihkan noda makanan yang telanjur menempel di pakaian, kita bisa gunakan bedak bayi. Tinggal sebar aja di area pakaian yang kena noda itu dan biarkan semalam.

Besoknya, ambil, bersihkan, dan cuci deh secara normal. Pasti bersih deh.

Pake bedak bayi aja, bersih deh~ (Instagram @lynsey_queenofclean)

12. Pakaian putih kotor? Gampang kok~

Nyuci baju putih dengan pemutih terlalu sering malah bikin pakaian kita jadi cepat rusak lho. Kita bisa gunakan cara lain juga gengs.

Coba ganti deh dengan campuran soda kue dan cuka. Resep alami ini bakal bikin baju putih kalian bener-bener putih deh. Coba deh.

Biar bersih, pake cuka dan soda kue gengs (elleman.vn)

13. Membersihkan boneka

Soda kue dan tepung jagung juga ampuh nih buat bersihkan boneka yang biasa digunakan anak-anak. Kita bisa bersihkan boneka itu dengan menutup rapat boneka dan mencapurkannya dengan campuran kedua bubuk itu ke dalam plastik biasa atau ziplock.

Ratakan campuran itu dengan cara mengocoknya sampai merata. Pastikan seluruh bagiannya tertutup bubuk itu. Udah gitu keluarkan boneka tadi. Sikat atau bersihkan dengan vacuum cleaner.

Boneka juga bisa dibersihkan sampe bersih kok (pixhome.blogspot.com)

14. Melembutkan pakaian dengan bahan alami

Kehabisan pelembut pakaian? Kalem, ada cara lain kok. Coba deh campur 6 gelas/cangkir air, 3 cangkir cuka, dan 2 cangkir kondisioner rambut.

Jangan lupa, tambah 2 sendok makan cairan ini ke mesin cuci kalian. Kalo nggak ya rendeman di ember. Oke juga kok hasilnya.

Yuk, kita ke ruang tamu. Kita beresin juga deh.

Coba pake pelembut alami aja deh~ (netinvest.club)

15. Sofa

Sofa di ruang tamu bisa dibersihkan dengan campuran bahan 6 sendok makan sabun batang dan 1 liter air mendidih. Campuran ini bikin busa jadi berlimpah dan bisa kalian aplikasikan ke sofa kain.

Gunakan kain basah untuk membersihkannya. Campuran itu juga bisa digunakan untuk membersihkan karpet kok.

Bersihkan pake campuran sabun batang ya (homequicks.com)

16. Lantai kayu atau perkakas kayu

Gunakan minyak zaitun untuk membersihkan dan mengilapkan lantai atau perkakas kayu di rumah kalian. 

Gunakan beberapa tetes minyak zaitun di atas kain bersih dan usapkan ke permukaan lantai, furnitur, atau perkakas dari kayu lainnya. Kinclong gengs!

Coba pake minyak zaitun deh, kayak gini hasilnya (Instagram @miles87smiley.art)

17. Karpet

Kalo karpet emang lebih simpel pake vacuum cleaner sih. Tapi ada cara lain juga kok, kalian bisa gunakan larutan yang terbuat dari seperempat cangkir garam dapur, seperempat cangkir boraks, dan seperempat cangkir cuka.

Gosok karpet dengan larutan itu ke bagian yang kotor atau bernoda. Sikat aja secara manual sampe bersih. Terus keringin deh. Kayak baru pastinya~

Karpet di rumah, bersihin juga ya~ (flooringinc.com)

18. Pajangan

Pajangan yang berbahan kuningan bisa kusam juga lho. Nah, untuk menyegarkannya, coba bikin larutan yang terbuat dari setengah jeruk lemon dan soda kue deh. Boleh juga ditambah sedikit garam.

Kalo udah jadi larutannya, campuran ini akan berubah jadi pasta karena reaksi kimia. Kemudian, gosok secara perlahanke permukaan kuningan dengan kain. Bilas dan keringkan.

Nah, dicoba deh tips dan trik untuk bersih-bersih di atas. Kalo buat bersihin kenangan ada gak? Bersihin rumah aja deh mending, entar juga lupa sendiri. Hehehe.

Bersihkan aja pake salah satu bahan-bahan ini (lovetoknow.com)