Jarang Disadari, Ini 5 Kebiasaan Penyebab Kulit Kusam yang Masih Sering Dilakukan

Banyak orang tidak menyadari bahwa ia masih melakukan kebiasaan penyebab kulit kusam. Apa saja ya? Yuk simak ulasannya!

Bagi perempuan, memiliki kulit yang putih, mulus, dan bersih adalah idaman. Namun sayangnya, banyak orang yang tanpa sadar masih melakukan kebiasaan penyebab kulit kusam.

Sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam. Kebiasaan sehari-hari pun juga bisa menjadi sumber utamanya lho. Lantas, kebiasaan buruk apa sih yang bisa menjadikan kulit kusam? Yuk, cek daftarnya berikut ini.

1. Jarang Minum Air Putih

Kamu punya kebiasaan minum air putih hanya pada saat haus saja? Wah, kebiasan itu bisa membuat kulit kamu kusam lho. Sebab jarang minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi. Akibatnya kulit menjadi kering, pucat, kusam, dan mudah berkerut. Setidaknya minumlah air putih 8 gelas sehari yang setara dengan 2 liter air.

2. Terlalu Sering Begadang

Kebiasaan Penyebab Kulit Kusam (via Kompas Health)

Kulit yang cerah dan bebas kusam bisa didapatkan dengan memenuhi kebutuhan tidur. Memiliki kebiasaan begadang hanya akan membuat kulitmu menjadi lebih kusam. Sebab kurang tidur akan menyebabkan proses regenerasi sel kulit dan performa restorasi terhambat.

3. Tidak Memakai Sunscreen

Kebiasaan Penyebab Kulit Kusam (via Merdeka)

Sunscreen termasuk salah satu skincare yang tidak boleh terlewat. Meski kamu berada di dalam ruangan seharian, pemakaian sunsreen tidak boleh diskip. Sebab sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinat matahari langsung.

4. Melupakan Pelembab

Kebiasaan Penyebab Kulit Kusam (via Dream)

Selain sunscreen, kamu juga tidak boleh melupakan pelembab. Sebab pelembab bertugas untuk menjaga kadar air dalam lapisan kulit agar tetap terkunci. Dengan begitu, kulit akan terasa lembab, lembut, dan nampak sehat.

5. Malas Eksfoliasi

Kebiasaan Penyebab Kulit Kusam (via Facetofeet)

Eskfoliasi kulit tidak kalah penting dengan pemakaian skincare lho. Jadi jangan disepelekan. Setidaknya kamu melakukan eksfoliasi dua kali dalam seminggu agar sel-sel kulit mati dan kotoran di wajah terangkat sempurna, dan berganti dengan sel kulit baru.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan penyebab kulit kusam. Jangan tunggu kusam, yuk stop kebiasaan tadi dari sekarang ya agar kesehatanmu kulitmu terjaga untuk waktu yang lebih lama.

Kebiasaan Penyebab Kulit Kusam (via YesDok)