Tak Hanya India, China Pun Kini Alami Gelombang Panas yang Lebih dari 40 Derajat Celcius!

Tak Hanya India, China Pun Kini Alami Gelombang Panas yang Lebih dari 40 Derajat Celcius!

Beijing dan sebagian China utara saat ini sedang mengalami rekor suhu tertingginya. Karena kondisi tersebut, pihak berwenang mendesak warganya untuk membatasi waktu mereka di luar rumah.

Observatorium Nanjiao di Beijing selatan pada hari Sabtu (24/6/2023) untuk pertama kalinya mencatat suhu di atas 40 derajat Celcius selama tiga hari berturut-turut.

Temperatur juga melonjak di atas 40 derajat celcius dalam beberapa hari terakhir di dekat provinsi Hebei dan kota pelabuhan Tianjin, mendorong pihak berwenang mengeluarkan peringatan merah untuk cuaca ekstrem.

Gambaran suhu di China (chinaglobalsouth.com)

Dalam sistem peringatan cuaca empat tingkat China, warna merah menunjukkan kondisi yang paling parah.

Beijing mengalami rekor hari terpanas kedua pada hari Kamis (22/6/2023) dengan suhu melonjak hingga 41,1 derajat celcius. Itu juga suhu tertinggi yang pernah tercatat di ibu kota China selama bulan Juni.

Sungai di China yang mengering karena gelombang panas (dw.com)

Suhu tertinggi sepanjang masa di Beijing sebesar 41,9C sejak rekor modern dimulai tercatat pada 24 Juli 1999.

Ahli meteorologi China mengatakan gelombang panas saat ini disebabkan oleh massa udara hangat yang terkait dengan pegunungan bertekanan tinggi di atmosfer dan diperparah oleh tutupan awan tipis dan siang hari yang panjang di sekitar titik balik matahari musim panas.

Negara-negara lain di Asia telah mengalami gelombang panas yang mematikan dalam beberapa pekan terakhir, yang menurut para ilmuwan diperburuk oleh kenaikan suhu global, yang sebagian disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil.

Di Cina, gelombang panas bertepatan dengan hari libur umum selama tiga hari, Festival Perahu Naga, yang dikhususkan untuk makan pangsit nasi dan perahu balap yang digerakkan oleh tim pendayung.

Otoritas Beijing mendesak warga untuk menghindari berolahraga di luar ruangan dalam waktu lama dan mengambil tindakan untuk melindungi dari sinar matahari.

Suhu di ibukota diperkirakan akan turun menjadi sekitar 34 derajat celcius pada hari Senin sebelum naik lagi minggu depan.

Kota-kota di China dengan suhu tertinggi (sixtone.com)