Cara Mendidik Anak Lelaki Agar Kelak Tumbuh Jadi Pria yang Menghormati Wanita dan Tak Menjadi Pelaku Kekerasan

Cara Mendidik Anak Lelaki Agar Kelak Tumbuh Jadi Pria yang Menghormati Wanita dan Tak Menjadi Pelaku Kekerasan

Sebagai orang dewasa, kita  punya tanggung jawab untuk melindungi anak-anak yang kita kenal yang ada di sekitar kita. Anak kandung, keponakan, anak tetangga, murid, dan sebagainya.

Khususnya para orangtua yang memiliki anak lelaki. Kita perlu belajar bagaimana mendidik anak kita agar tumbuh jadi pria yang menghargai dan menghormati perempuan. Agar tak ada lagi kasus perkosaan di dunia ini.

# Cara Mendidik Anak Lelaki Agar Tumbuh Jadi Pria yang Menghormati Wanita

Agar anak laki-laki menjadi pria yang berpengetahuan luas, penting bagi mereka untuk belajar pentingnya menunjukkan rasa hormat. Mengajari putra kita untuk menghormati wanita bisa dimulai sejak usia dini. Dan sebagai orang tua, pengaruh orang di sekitar (khususnya keluarga) sangatlah penting. 

Contoh yang bisa kita berikan di rumah adalah ikatan antara ibu dan anak laki-laki, dan rasa hormat yang ditunjukkan seorang ayah kepada istrinya. Itu semua akan mempengaruhi persepsi anak kita tentang rasa hormat. Berikut adalah beberapa tips tentang cara mengajar putra kita untuk menghormati wanita.  

1. Ajari anak untuk membangun hubungan yang sehat dengan anak perempuan

Wayne Parker, penulis "Power Dads: The Ten Basic Principles Successful Fathers Use to Raise Responsible and Happy Children", menulis tentang pentingnya membantu anak laki-laki mengembangkan persahabatan positif dengan anak perempuan sejak usia muda. 

Peran orangtua dalam mendidik anak lelaki (baby-chick.com)

Semakin dini hal ini tercapai, mereka akan semakin nyaman berada di dekat anak perempuan, membantu mereka untuk melupakan stereotip apa pun yang mungkin dimiliki remaja laki-laki tentang anak perempuan. 

Persahabatan awal dan positif antara anak laki-laki dan perempuan membantu meletakkan dasar untuk saling menghormati sepanjang hidup.

2. Tekankan pentingnya persetujuan

Untuk menghormati wanita, anak laki-laki harus memahami bahwa 'tidak' berarti tidak dan bahwa mereka tidak boleh menyentuh seorang wanita tanpa persetujuan eksplisit darinya. 

3. Pantau konsumsi medianya

Berhati-hatilah untuk tidak mengizinkan putra kita menonton konten yang tidak sesuai usia atau yang mengagungkan kekerasan. Psikolog Dr Justin Coulson menyarankan bahwa konten semacam ini membuat anak-anak tidak peka dan mengurangi kemungkinan mereka untuk menunjukkan empati dan kebaikan. 

Ingatkan putra kita bahwa ketika film, game, dan jenis konten lainnya menampilkan wanita sebagai objek satu dimensi, itu tidak akurat atau tidak mencerminkan dunia nyata.

Bicaralah dengan putra kita tentang pornografi dan bagaimana hal itu merendahkan wanita dan mengapa dia harus menghindarinya. Tetapkan kontrol orang tua yang sesuai di internet dan dorong dia untuk mengatakan tidak saat dia terpapar konten ini.

4. Contoh perilaku hormat terhadap wanita

Membangun persahabatan dengan wanita sejak dini (helpguide.org)

Jangan meremehkan kekuatan contoh yang kita tetapkan. Putra kita perlu melihat perilaku hormat dalam keluarga, persahabatan, dan semua keadaan orang di sekitarnya. 

Sebagai orang tua, dengarkan dan akui pendapat wanita. Gunakan istilah, sopan santun, dan bahasa tubuh yang sopan saat berbicara dengan wanita dan kelilingi putra kita dengan panutan yang baik.

Itu tadi beberapa cara mendidik anak lelaki kita agar tumbuh jadi pria yang menghargai dan menghormati wanita. Semoga parents bisa jadi contoh dan teladan di rumah bagi anak-anak ya. Supaya kelak ia bisa tumbuh jadi individu yang baik bagi individu lainnya.

Anak lelaki akan mencontoh ayahnya (readbeach.com)