Tundukkan Filiphina, Vietnam Susul Malaysia Melenggang ke Final Piala AFF 2018

Vietnam berhasil melaju ke babak final Piala AFF 2018, setelah berhasil menaklukkan Filiphina dengan skor 2-1.

Pagelaran Piala AFF sudah mencapai babak semifinal. Malaysia telah berhasil lolos ke babak final terlebih dahulu, setelah unggul agregat gol tandang dalam leg kedua semifinal Piala AFF kala bertemu Thailand.

Unggul agregat gol tandang atas Thailand, memuluskan langkah Malaysia melaju ke partai final. Praktis Malaysia hanya akan menunggu pemenang dari partai semifinal leg kedua, antara Vietnam dengan Filiphina.

Pada partai semifinal leg kedua, yang mempertemukan tuan rumah Vietnam vs Filiphina di Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (6/12/2018) ini, dimenangkan oleh tuan rumah Vietnam.

Kemenangan 2-1 atas Filiphina, memastikan langkah Vietnam menuju ke babak final semakin mulus. Hasil tersebut, membuat Vietnam unggul agregat 4-2 setelah pada pertandingan leg pertama di Filiphina, Vietnam berhasil meraih kemenangan dengan skor sama, yaitu 1-2.

Piala AFF (media.bolatimes.com)

Melaju ke partai final, nantinya akan menjadi edisi ketiga buat skuat Vietnam tampil di final Piala AFF setelah 1998, 2008 dan 2018. Vietnam akan bersua dengan Malaysia di babak final pada tanggal 11 dan 15 Desember 2018 nantinya.

Tampil didepan pendukungnya sendiri, membuat Vietnam menunjukkan permainan yang agresif, sejak peluit babak pertama dibunyikan. Beberapa peluang tercipta, pada menit ke-11 pemain Vietnam hampir saja menyeploskan bola ke gawang Filiphina. 

Tendangan Nguyen Trong Hoang hampir merubah skor pertandingan, andai tembakannya tidak melebar. Pada menit ke-28, Vietnam kembali menebar ancaman. Tendangan Nguyen Quang Hai untungnya masih bisa diselamatkan oleh kiper Filiphina Patrick Deyto. Praktis Filiphina hanya mendapatkan peluang melalui pemainnya lain Ramsey, akan tetapi tendangan tersebut masih berada diatas gawang Vietnam.

Babak pertama berakhir dengan skor kacamata. Kedua tim tampil all out, mengingat laga ini menjadi laga yang sangat penting untuk bisa lolos ke babak final Piala AFF 2018.

Malapetaka terjadi di pertahanan Filiphina saat memasuki menit ke-83. Gol yang ditunggu suporter tuan rumah pun pecah, ketika Nguyen Quang berhasil melepaskan tembakan kaki kirinya, berkat umpan Phan Van Duc. Hasilnya pun tendangan dari Nguyen Quang Hai ini, berhasil merobek jala gawang kiper Filiphina.

Skor 1-0 untuk kemenangan Vietnam. Empat menit berselang, kini giliran Nguyen Cong Phuong berhasil mencatatkan namanya di papan skor, setelah tembakan kaki kirinya menghujam pojok kiri atas gawang Filiphina yang dikawal Dyto. Skor 2-0.

Tim tamu Filiphina pun tidak menyerah begitu saja, Filiphina tetap bermain agresif dan menekan. Hal tersebut berbuah manis, pada saat menit ke-89. Tembakan kaki kanan James Younghusband dari tengah kotak pinalti gagal diantisipasi dengan baik oleh kiper Vietnam. skor berubah menjadi 2-1.

Pertandingan Filiphina vs Vietnam (d10dnch8g6iuzs.cloudfront.net)

Hingga peluit akhir dibunyikan, kedudukan tidak berubah. Kemenangan 2-1 ini, memuluskan langkah Vietnam untuk melaju ke babak Final, menyusul Malaysia.

Selamat Vietnam, selamat Malaysia. Semoga prestasi Timnas Indonesia kian membaik pada kompetisi Piala AFF tahun berikutnya.

Kemenangan Vietnam mengantarkan ke Final (bola.kini.co.id)