Agar Anak Lebih Cerdas, Yuk Coba 4 Permainan yang Dapat Mengasah Otak Anak

Kamu bisa memberikan permainan yang mengasah otak anak alih-alih gawai demi membantu perkembangan anak. Yuk simak ulasannya!

Dalam masa perkembangan anak, kamu bisa memberikan permainan yang mengasah otak anak alih-alih gawai. Nah, diantara banyaknya jenis permainan anak di pasaran, ada permainan yang dapat membantu mengasah otak anak agar kreativitas, logika berpikir, dan kemampuan memecahkan masalah dapat terlatih sejak dini. Apa saja permainan yang dimaksud? Berikut informasinya:

1. Puzzle

Siapa yang tidak mengenal permainan puzzle? Puzzle adalah salah satu permainan yang mengasah otak anak. Puzzle sendiri memiliki beragam bentuk yang menarik. Selain itu, puzzle juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda sehingga harus disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak. Jika anak masih kecil dan baru mengenal permainan ini, kamu bisa memberikan puzzle dengan ukuran besar dan berbahan aman. Permainan ini dapat mengasah otak anak dengan cara membangun logika spasial serta melatih koordinasi mata dan tangan.

2. Sudoku

Permainan yang Dapat Mengasah Otak Anak (via Car)

Selanjutnya ada permainan sudoku yang merupakan permainan teka-teki yang berbasis logika. Dengan mengisi semua nomor yang hilang pada kotak, anak akan terlatih menggunakan logika matematisnya. Selain itu, permainan ini juga dapat melatih anak untuk fokus. Manfaat lain dari permainan ini adalah, anak akan terlatih untuk memecahkan masalah melalui kegiatan yang menyenangkan.

3. Rubik

Permainan yang Dapat Mengasah Otak Anak (via Days Of The Year)

Permainan yang dapat mengasah otak anak yang berikutnya adalah rubik. Rubik adalah salah satu permainan teka-teki menantang dalam bentuk kubus 3 dimensi. Sebagai perkenalan, kamu bisa memberikan rubik dengan ukuran 3x3.

Sebaiknya jangan langsung memberi anak rubik yang rumit, karena jika dari awal anak sudah mengalami kesulitan dalam bermain, bisa jadi anak akan menganggap rubik adalah permainan yang tidak menyenangkan. Tambahkan level rubik hingga berbagai bentuk yang rumit jika anak sudah bisa menyelesaikan rubik yang lebih sederhana.

4. Lego

Permainan yang Dapat Mengasah Otak Anak (via Detik)

Berikutnya ada permainan yang banyak disukai yaitu lego. Melansir Journal of Information System Education, bermain lego dapat meningkatkan kreativitas anak. Selain itu, bermain lego juga bermanfaat untuk mengembangkan logika, dan pemecahan masalah anak.

Namun bukan hanya itu, permainan ini juga dapat meningkatkan imajiasi anak ketika kepingan lego disusun menjadi bentuk atau karakter tertentu. Banyak varian lego yang ada di pasaran, kamu hanya tinggal mencari ukuran dan variasi lego yang sesuai dengan perkembangan dan keinginan anak.

Itulah 4 permainan yang mengasah otak anak agar anak semakin kreatif dan pintar. Saat anak bermain, kamu juga bisa menemani dan membantunya bermain agar terbangun kedekatan antara orang tua dan anak. Selamat mencoba.

Permainan yang Dapat Mengasah Otak Anak (via SIPLah Telkom)