Manfaat Mandi Air Dingin VS Manfaat Mandi Air Hangat, Mana yang Lebih Baik?

Manfaat Mandi Air Dingin VS Manfaat Mandi Air Hangat, Mana yang Lebih Baik?

Mandi air hangat setelah seharian bekerja bisa menyegarkan. Atau, mungkin mandi air dingin adalah hal yang sangat dibutuhkan tubuh untuk bangun di pagi hari.

Terlepas dari dua cara itu, pernah gak kamu bertanya-tanya apa manfaat sebenarnya dari mandi air dingin vs mandi air panas?

Untuk tahu lebih banyak manfaat dari mandi air dingin dan mandi air hangat, yuk simak artikel di bawah ini sampai selesai!

# Manfaat Mandi Air Dingin

Seperti kebanyakan orang, kamu mungkin lebih suka mandi air hangat daripada air dingin. Namun, kamu perlu mempertimbangkannya lagi karena mungkin ada beberapa manfaat luar biasa yang kamu lewatkan soal mandi air dingin. 

Berikut ini beberapa manfaat mandi air dingin:

1. Menjaga rambut tetap berkilau dan kulit terhidrasi

Saat kita mandi air panas, pori-pori kita terbuka, tetapi mandi air dingin dapat mengencangkan pori-pori untuk sementara dan membantu mempertahankan minyak alami di kulit dan rambut. Kamu yang rentan terhadap kulit kering atau khawatir dengan rambut kering dan rapuh mungkin perlu mandi dengan air dingin sesering mungkin.

2. Meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan kekebalan tubuh

Air dingin merangsang produksi noradrenalin dan beta-endorfin. Impuls listrik dikirim dari ujung saraf kita ke otak kita saat kita mandi air dingin, dan reaksi kimia ini mungkin memiliki efek antidepresan pada beberapa individu. Mandi air dingin dapat mencegahmu terkena flu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuatmu lebih tahan terhadap penyakit.

Seorang anak mandi di alam terbuka (radarsolo.jawapos.com)

3. Meningkatkan sirkulasi

Saat tubuh kita merasakan air dingin, mereka secara alami beralih ke mode bertahan hidup dan bereaksi dengan meningkatkan detak jantung kita. Air dingin membuat sistem peredaran darah menjadi overdrive, menyebabkan jantung memompa lebih efisien dan menyebabkan keseluruhan sirkulasi di seluruh tubuh meningkat.

Manfaat mandi air dingin dan mandi air hangat (saibumi.com)

# Manfaat Mandi Air Hangat

Setelah seharian bekerja, kamu mungkin bermimpi untuk bergegas pulang dan mandi air hangat. Semua orang suka menyelinap pergi untuk berendam di bak mandi atau mandi air hangat yang panjang. Kamu mungkin tidak tahu bahwa setiap kali mandi air panas, kamu juga menikmati beberapa manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat mandi air panas bagi pikiran, tubuh, dan kulit kita:

1. Membakar beberapa kalori

Saat kamu berendam di bak mandi air panas, kamu membuang beberapa kalori sambil menikmati semua manfaat mandi air hangat yang indah dan menenangkan. Mandi air panas dan shower tidak boleh digunakan sebagai pengganti olahraga, dan kamu harus membatasi waktu di kamar mandi saat menggunakan air panas karena dapat meningkatkan risiko luka bakar atau serangan panas.

2. Menjaga kulit agar tetap bersih dan sehat

Mandi air panas dapat membantu membuka pori-pori dan mengeluarkan racun yang terperangkap di kulit sepanjang hari. Air hangat dapat menghasilkan kulit yang lebih segar yang terasa lebih terhidrasi.

3. Membuat tidur yang lebih baik

Otot-otot di tubuh mungkin terasa tegang setelah hari yang panjang, dan mandi air hangat atau mandi air panas dapat membantumu rileks, menenangkan tubuh sekaligus menenangkan pikiran. 

Selain itu, membersihkan diri sebelum tidur akan mengurangi penumpukan kuman, kotoran, keringat, dan minyak tubuh yang lama kelamaan dapat menumpuk di tempat tidurmu.

Itu tadi beberapa manfaat mandi air hangat dan mandi air dingin. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Mandi air panas bagus untuk membakar kalori (kompas.com)