Jangan Menyerah Dulu, Berikut 8 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Natural

Jangan Menyerah Dulu, Berikut 8 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Natural

Saat ini kamu mungkin sedang bertanya-tanya apakah ada yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat? Apakah ada produk yang bisa membantu mewujudkan keinginanmu? Bisakah perubahan pola makan mempercepat pertumbuhan? Dan bagaimana dengan pengobatan atau perawatan?

Dalam artikel ini, pertanyaanmu tersebut akan dijawab. Kamu juga akan melihat lebih dekat apa yang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut dan langkah-langkah yang dapat kamu ambil untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

# Cara Menumbuhkan Rambut

Faktor genetika memang berperan besar dalam menjaga pertumbuhan rambut yang sehat. Begitu juga beberapa faktor lain.

Meskipun tidak ada ramuan atau obat ajaib yang akan menghasilkan pertumbuhan instan, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk membantu rambutmu tumbuh.

Mari kita lihat 10 langkah yang dapat membantu rambutmu tumbuh lebih cepat dan lebih kuat.

1. Hindari Diet Ketat

Menurut Dr. Lindsey Bordone, dokter kulit di Columbia Doctors dan asisten profesor dermatologi di Pusat Medis Universitas Columbia, kita tidak dapat mengontrol semua yang memengaruhi pertumbuhan rambut kita. Tetapi ada hal-hal yang dapat kita hindari yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan peningkatan kerontokan.

Pertumbuhan rambut adalah prioritas yang relatif rendah dibandingkan dengan fungsi tubuh lainnya, pertumbuhan rambut terhenti dengan cepat saat tubuhmu berada di bawah tekanan karena diet ketat, kata dokter Lindsay.

2. Periksa Asupan Proteinmu

Makan makanan yang seimbang dengan asupan protein yang cukup, penting untuk pertumbuhan rambut yang optimal. Setidaknya, kamu butuh 50 gram protein atau lebih per hari.

Diet Ketat bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut (m.merdeka.com)

3. Cobalah Konsumsi Produk yang Mengandung Kafein

Kita semua tahu bahwa kafein dapat memberi dorongan energi, tetapi satu sumber terpercaya studi tahun 2014 menemukan bahwa kafein mungkin juga memiliki efek meningkatkan pertumbuhan pada rambut.

4. Coba Pakai Minyak Esensial

Minyak atsiri tidak hanya berbau harum, tetapi juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Satu studi menemukan bahwa dosis harian 400 miligram minyak biji labu dalam bentuk kapsul dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada pria. Setelah 24 minggu, pria yang mengonsumsi minyak biji labu mengalami peningkatan jumlah rambut sebesar 40 persen.

5. Tingkatkan Asupan Nutrisi

 

Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk kesehatanmu secara keseluruhan dan juga memainkan peran kunci dalam menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan rambut. Ini termasuk:

biotin

vitamin C

vitamin D

vitamin E.

seng

besi

omega-3 dan omega-6

6. Pijat Kepala Secara Rutin

Protein bisa membantu menyuburkan rambut (suara.com)

Pijat kepala dapat membantu meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres. Namun, menurut sebuah studi kecil tahun 2016, pijat kepala juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambutmu.

7. Hindari Terkena Panas

Panas dari alat pengeriting rambut, pengering rambut, dan pelurus rambut dapat merusak rambut dan menyebabkan kerusakan. Jadi sebisa mungkin kurangi penggunaannya. Atau menurunkan suhu alat penata rambut  tadi untuk mengurangi kerusakan rambut.

8. Jangan Terlalu Sering Mewarnai rambut 

Saat kita mewarnai rambut kita dan mengubah teksturnya dengan bahan kimia, proses ini dapat memberi tekanan pada rambut dan menyebabkannya patah.

Pijat Kepala dapat membantu mengurangi stress dan menyuburkan rambut (merdeka.com)