Jangan Sampai Dilanggar! Ini 4 Etika Bertetangga yang Wajib Dipahami

Banyak orang yang melupakan etika bertetangga sehingga malah menimbulkan banyak masalah. Yuk simak ulasannya!

Menjalin hubungan baik dengan tetangga sebenarnya mudah. Kamu cukup mematuhi etika bertetangga dan tidak melanggarnya, dengan begitu lingkungan tempat tinggal pun akan terasa nyaman dan harmonis.

Namun sayangnya, banyak orang yang melupakan etika bertetangga tersebut, sehingga menimbulkan gesekan dan berujung ribut besar yang tidak diharapkan. Jika kamu baru saja masuk dalam sebuah lingkungan baru, beberapa etika bertetangga berikut ini wajib kamu pahami. Apa saja?

1. Sebisa Mungkin Bertutur Kata Sopan

Etika bertetangga pertama adalah selalu bertutur kata sopan. Tentu saja, orang yang menyapamu dengan basaha yang sopan akan terlihat lebih hangat dibanding dengan orang ketus bahkan tidak menengok saat berpapasan. Tetanggamu juga pasti akan merasa lebih dihargai jika kamu bicara dengan baik dan sopan agar tidak menyinggung perasaanya sama sekali.

Etika Bertetangga (via Verywell Mind)

2. Jangan Lupa Bersosialisasi dengan Tetangga

Meski pagar rumahmu menjulang tinggi, jangan pernah lupa untuk selalu bersosialisasi dengan tetangga. Misalnya menjenguk tetangga yang sakit atau melahirkan, menolong tetangga yang sedang membutuhkan pertolongan. Sebab orang terdekat untuk diminati pertolongan nantinya adalah tetangga, jadi berbuat baiklah pada tetangga.

Etika Bertetangga (via Pray For Everything)

3. Jangan Mengganggu Tetangga

Setiap rumah pasti menginginkan ketenangan, terlebih bagi keluarga yang baru saja dikaruniai anak. Menyetel radio atau musik dengan suara yang keras akan mengganggu ketenangannya. Jadi sebaiknya dengarkan radio atau musik dengan volume sewajarnya. Jangan sampai keseruan kamu mengganggu ketenangan tetangga.

Etika Bertetangga (via Brighton Escrow)

4. Jangan Mencari-cari Kesalahan Tetangga

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, termasuk tetangga. Karena itu, mencari-cari kesalahan tetangga adalah sikap yang tidak baik. Hal tersebut bisa memutus tali silaturahmi yang harusnya terjalin baik. Jika kamu menangkap basah tetangga berbuat kesalahan, sebaiknya bicarakan dengan cara yang baik. Bukan justru mencari-cari kesalahannya.

Nah, itu tadi beberapa etika bertetangga yang wajib kamu pahami. Jangan sampai dilanggar agar tidak menimbulkan perselisihan, ya! Ingat bahwa kamu tidak hidup sendirian dan suatu saat pasti akan membutuhkan tetanggamu[2].

Etika Bertetangga (via Newsweek)