8 Peralatan Yang Harus Dibawa Agar Camping Keluarga Jadi Menyenangkan

Camping keluarga adalah salah satu cara untuk menciptakan momen indah bersama. Peralatan apa saja yang harus dibawa agar semua lancar?

Saat ini banyak aktivitas luar ruang yang bisa dilakukan, salah satunya camping. Dalam hal ini, camping keluarga adalah salah satu cara untuk menciptakan momen indah bersama. Meski demikian, kegiatan ini bisa saja jadi kurang menyenangkan jika para pesertanya kurang persiapan.

Karenanya, agar semuanya lancar, ada peralatan camping yang wajib dibawa untuk memudahkanmu melakukan beragam aktivitas di alam. Apa saja peralatan yang wajib dibawa saat camping? Simak informasi berikut ini.

1. Tenda dan Matras

Tenda dan matras merupakan perlengkapan penting yang perlu dibawa saat melakukan camping. Sebelum berangkat, cek lagi kondisi tenda, jangan sampai terdapat lubang dan sudah tidak layak pakai karena terlalu lama terlipat di gudang.

2. Alat Masak dan Makan Praktis

Perlengkapan Camping Keluarga (via Product Nation)

Makan bersama keluarga di tengah alam merupakan salah satu aktivitas yang dinanti saat camping. Bawalah alat masak yang mudah dibawa, seperti adalah kompor kecil dan tabung gas portabel, panci kecil, piring, gelas, sendok dan garpu. Kamu bisa mendapatkan alat masak praktis ini di toko yang menjual keperluan camping.

Setelah beres dengan alat memasak, kamu bisa mulai menyiapkan bahan makanan. Selain mie instan yang sudah seperti makanan wajib saat camping, sosis siap makan, kornet, dan lainnya juga bisa jadi pilihan. Jangan lupakan kecap, saos, garam, dan penyedap rasa agar makanan yang disantap tetap lezat.

3. Penerangan yang Memadai

Perlengkapan Camping Keluarga (via Sportivitas)

Bawalah senter dengan lampu LED karena hemat energi, cahaya yang dihasilkan lebih terang, dan tahan lama. Sebaiknya siapkan sumper cahaya yang tidak menggunakan bahan bakar minyak. Bawalah senter, headlamp atau lampu emergency yang menggunakan daya baterai agar lebih aman. Isi ulang penuh daya penerangan dan bawa beberapa banyaknya agar tidak repot jika kehabisan daya baterai.

4. Jas Hujan

Perlengkapan Camping Keluarga (via Super Senter)

Karena berkegiatan di alam, kita tidak bisa memprediksi cuaca. Karena itu, lebih baik sedia paying sebelum hujan, kan? Namun menggunakan payung ternyata tidak cukup praktis, kamu tidak bisa membawa barang-barang dengan memegang paying. Karena itu lebih baik menggunakan jas hujan yang memudahkanmu bergerak.

5. Obat-obatan (P3K)

Perlengkapan Camping Keluarga (via Tripzilla)

Pastikan menyiapkan obat-obat khusus yang diperlukan keluarga, seperti obat alergi dan sebagainya. Selain itu bawa minyak untuk gigitan serangga, plester penurun deman, obat merah, hingga plester untuk luka.

6. Baju Ganti

Perlengkapan Camping Keluarga (via Halodoc)

Bawalah baju ganti secukupnya yang menyerap keringat. Baju-baju yang simpel memudahkanmu bergerak, karena itu, cukup bawa beberapa setelan celana panjang dan atasan. Kamu juga bisa menyiapkan baju yang sama untuk seluruh anggota keluarga dengan warna-warna terang.

7. Pisau Lipat

Perlengkapan Camping Keluarga (via Superlive)

Pisau lipat berukuran kecil, tapi banyak manfaatnya. Pisau lipat bisa digunakan untuk memotong tali, mengupas bahan makanan, dan lain sebagainya. Jadi, pastikan membawa alat ini karena bisa memudahkan kegiatan campingmu.

8. Kantung Sampah

Perlengkapan Camping Keluarga (via Jakarta Notebook)

Tidak meninggalkan sampah adalah attitude penting yang harus dipegang teguh saat melakukan kegiatan outdoor. Dengan kata lain, satu hal yang perlu diperhatikan saat berkegiatan di alam adalah dengan menjaga kelestariannya. Jangan sekali-kali meninggalkan sampah jika meninggalkan area camping.

Karena itu, bawalah trash bag atau kantung sampah untuk mengumpulkan sampah sisa camping. Setelah terkumpul, kamu bisa membuangnya di lokasi pembuangan terdekat. Ingat, membuang sampah pada tempatnya adalah salah satu upaya penyelamatan lingkungan.

Itulah beberapa perlengkapan yang wajib dibawa ketika camping keluarga. Sebelum berangkan buatlah list barang bawaan agar tidak ada yang tertinggal. Membawa perlengkapan yang sesuai akan membuat aktivitas campingmu menyenangkan.

 

Perlengkapan Camping Keluarga (via Hai)