Wajib Coba, 5 Cara Menahan Lapar Saat Diet dengan Cara Alami

Ingin menurunkan berat badan tapi enggak bisa menahan rasa lapar? Yuk ikuti cara menahan lapar saat diet secara alami.

Salah satu cara dalam menjalani diet adalah dengan membatasi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh sehingga cenderung menimbulkan rasa mudah lapar. Agar program diet yang direncanakan berhasil, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk menekan rasa lapar sampai waktu makan berikutnya tiba. Berikut 5 cara menahan lapar saat diet yang bisa kamu coba.

1. Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat mampu membuatmu kenyang lebih lama karena serat tidak mudah terurai seperti makanan lainnya, sehingga jenis makanan ini bisa bertahan di dalam tubuh lebih lama. Kamu bisa mengonsumsi kacang, buah, sayur dan biji-bijian sebagai pilihan makanan yang berserat.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Cara Menahan Lapar Saat Diet (via HonestDocs)

Berbagai penelitian menyatakan bahwa banyak minum air putih dapat menekan rasa lapar, sehingga mengurangi munculnya rasa lapar di luar jam makan. Mengonsumsi air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah dehidrasi. Karena itu, penting  untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan minum air putih, setidaknya 3 liter untuk pria, dan 2 liter untuk wanita, per hari.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Cara Menahan Lapar Saat Diet (via Merdeka)

Mengonsumsi makanan tinggi protein dapat membuat kenyang lebih lama karena asam amino yang terkandung dalam protein ternyata juga berperan dalam mengatur nafsu makan dan pembakaran kalori saat mengalami defisit kalori.

Selain itu protein membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, menjaga stabilitas glukosa darah, dan mencegahmu kehilangan massa otot. Makanan yang mengandung protein di antaranya adalah ikan, daging merah, buah dan sayur yang berwarna gelap atau hijau, dan telur.

4. Makan Secara Perlahan

Cara Menahan Lapar Saat Diet (via Lifestyle Kompas)

Saat sedang makan, diperlukan waktu setidaknya sekitar 20 menit bagi tubuh untuk memunculkan sensasi rasa kenyang. Karena itu, jika kamu makan secara perlahan, maka akan memberikan waktu bagi otak untuk menangkap sinyal bahwa kamu sebenarnya sudah kenyang sehingga bisa membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi. 

5. Berolahraga Secara Teratur

Cara Menahan Lapar Saat Diet (via Tribun Solo)

Rutin berolahraga dipercaya mampu mengurangi aktivitas bagian otak yang mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar hormon yang memicu rasa lapar.

Nah, itu dia beberapa cara menahan lapar saat diet. Jika sudah terbiasa menerapkannya, maka nafsu makan pun lebih mudah terkontrol. Jika nafsu makan sudah terkendali, maka kamu juga akan lebih mudah untuk mengendalikan berat badan.

 

Cara Menahan Lapar Saat Diet (via Kompas)