Ini Dia Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah dengan Mudah Tanpa Obat

Kaki pecah-pecah adalah masalah yang bisa dialami oleh siapa saja. Tapi bagaimana ya cara mengatasinya tanpa bantuan obat?

Kaki pecah-pecah adalah masalah yang bisa dialami oleh siapa saja. Bukan hanya tidak menarik untuk dilihat, pecah-pecah pada kaki juga bisa menimbulkan rasa sakit ketika berdiri atau berjalan.

Karena itu, kaki pecah-pecah perlu dirawat untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi. Untuk mengatasinya, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan mudah:

1. Minum Banyak Air

Minum banyak air akan membantu menjaga kelembaban kulit sehingga terhindar dari risiko kerusakan akibat lapisan epidermis yang kering. Hal ini menyebabkan kaki yang pecah-pecah dapat pulih secara perlahan.

2. Gunakan Sabun yang Lembut

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah (via Klikdokter)

Saat kondisi kaki pecah-pecah, sangat penting untuk menjaga bagian kaki yang pecah-pecah tetap bersih. Namun perhatikan kandungan sabun, karena jika sabun berbahan keras justru dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Jadi, pilihlah sabun yang berbahan lembut sehingga tidak menyebabkan iritasi dan menghilangkan kelembapan pada kaki.

3. Gunakan Batu Apung dan Getah Pepaya Muda

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah (via Media Lampung)

Gosok bagian telapak kaki dan tumit kaki yang pecah-pecah dengan batu apung selama 10 menit. Setelah itu, oleskan getah pepaya muda. Lakukanlah secara teratur karena cara ini sangat berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di telapak dan tumit kaki.

4. Rendam Kaki dalam Air Lemon dan Garam

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah (via Face to Feet)

Cara lain untuk mengatasi kaki pecah-pecah adalah dengan mencampur air hangat dengan perasan lemon dan garam untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Lemon bermanfaat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit, sedangkan garam berkhasiat mencegah infeksi timbul pada kaki. Sebelum merendam kaki, pastikan tidak ada luka terbuka pada kulit yang pecah-pecah.

5. Oleskan Minyak Kelapa

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah (via Tribunnews)

Minyak kelapa dapat membantu mempertahankan kelembapan. Oles minyak kelapa setelah merendamkan kaki. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dalam minyak kelapa dapat memperbaiki tumit pecah-pecah yang rentan berdarah atau mengalami infeksi.

Berbagai cara di atas merupakan cara alami untuk mengembalikan kelembapan yang berguna untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Lakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah (via Liputan6)