4 Tips Hemat Saat Jalan-Jalan Biar Kantong Enggak Bolong

Yuk simak tips hemat saat jalan-jalan agar kantong enggak bolong namun stres bisa hilang.

Bagi sebagian orang, liburan atau jalan-jalan adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk meredakan stres. Mereka bahkan enggak tanggung-tanggung menabung khusus jalan-jalan lho.

Selain untuk healing, nyatanya jalan-jalan juga merupakan aktivitas yang bisa menguras uang. Bahkan kalau kamu enggak bijaksana, bisa kamu pulang jalan-jalan dengan kantong hampa. Kalau keuangan jadi seret setelah liburan, kamu bukannya happy malah stres dong, ya?

Lalu bagaimana ya, tips hemat saat jalan-jalan biar tabungan kamu enggak langsung ludes? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini tips mudah yang bisa kamu lakukan.

1. Persiapkan Dana Traveling

Sebelum jalan-jalan, sebaiknya kamu sudah menyiapkan dana traveling jauh-jauh hari. Persiapan ini dilakukan dengan tujuan agar kamu tidak mengganggu anggaran lainnya selama liburan. Jadi liburan kamu berjalan aman, tanpa mengganggu pengeluaran harian.

Jika memang dana belum cukup terkumpul, mending jangan dipaksakan agar keuanganmu nanti tidak berantakan. Walaupun liburan penting untuk healing, jangan sampai kebutuhan primer lainnya jadi tidak terbayar.

2. Jangan Pergi Saat Musim Liburan

Tips Hemat Saat Jalan-Jalan (via Republika)

Pergi jalan-jalan enggak harus saat liburan kan? Kamu bisa kok mengambil cuti beberapa hari untuk sekedar jalan-jalan sebentar ke tempat-tempat wisata.

Justru musim liburan harus kamu hindari agar kamu bisa benar-benar menikmati liburan kamu tanpa harus merasakan kemacetan serta harga tiket yang mahal. Pergi saat bukan high season bakal membuatmu banyak berhemat.

3. Pesan Akomodasi Lebih Awal

Tips Hemat Saat Jalan-Jalan (via Tribun Manado Travel)

Supaya kamu mendapatkan harga lebih murah, ada baiknya kamu memesan keperluan akomodasi seperti tiket transportasi dan hotel saat jauh-jauh hari. Usahakan tidak memesan tiket atau reservasi hotel di tempat ya, karena pasti harganya lebih mahal.

Agar lebih hemat dan praktis, kamu juga bisa memilih paket liburan menarik yang ditawarkan oleh beberapa travel agent. Biasanya sudah termasuk tiket pesawat, penginapan dan konsumsi. Dalam hal ini, kamu memang harus sering-sering browsing dan hunting promo.

4. Jangan Terlalu Banyak Tujuan

Tips Hemat Saat Jalan-Jalan (via Kompas Tekno)

Tips terakhir adalah sebaiknya kamu menghindari memiliki terlalu banyak tujuan. Tidak hanya energi dan uangmu saja yang habis, kamu juga menjadi tidak bisa benar-benar menikmati liburanmu di tempat tersebut karena kamu harus bergegas menuju tempat yang lain.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa kamu terapkan saat merencanakan liburan. Semoga tips hemat saat jalan-jalan tadi bisa membantu, ya. Pastikan semua sudah disiapkan dengan sempurna, agar momen healing kamu juga sempurna.

Tips Hemat Saat Jalan-Jalan (via Merdeka)