Ajarkan Hal Ini Agar Anak Tidak Manja, Penting Banget untuk Orangtua

Ada beberapa cara dan kebiasaan yang perlu dikenalkan ke anak agar anak tidak manja. Apa saja, yuk simak ulasan berikut ini!

Ada beberapa cara dan kebiasaan yang perlu dikenalkan ke anak agar anak tidak manja. Mengajarkan hal ini penting, terutama di era digital seperti sekarang dimana anak-anak akan mudah menerima informasi dan bisa terbawa pada cara berperilaku yang salah.

Mengenalkan hal ini juga akan membantu anak tumbuh lebih mandiri dan bertanggung jawab, sehingga anak juga lebih siap menghadapi tantangan yang lebih besar lagi seiring bertambahnya usia. Lalu apa saja cara yang perlu diajarkan pada anak agar anak tidak manja? Berikut informasinya:

1. Biasakan Anak Melakukan Pekerjaan Sehari-Hari

Untuk menumbuhkan sikap mandiri dan tidak manja pada anak, orang tua perlu mengenalkan pekerjaan rumah sedini mungkin. Mulai dari memakai baju sendiri, menyapu hingga mengurus hal yang lebih besar lagi seiring bertambahnya usia anak, misalnya saja mempersiapkan perlengkapan anak untuk pergi study tour.

Awalnya, pekerjaan sehari-hari yang anak lakukan mungkin tidak sempurna. Karena itu orang tua harus sabar dan tidak mudah menyerah untuk mengarahkannya. Hal ini tetap berlaku meskipun di rumah ada asisten rumah tangga yang membantu. Tetap berikan tanggung jawab pada anak untuk menyelesaikan sendiri pekerjaan rumah tangga yang sesuai baginya.

2. Biasakan Mengucapkan Terima Kasih

Tips Agar Anak Tidak Manja (via Magiclean)

Mengucapkan terima kasih adalah langkah yang penting untuk mengajarkan anak bersyukur atas apa yang dimiliki. Dengan mengucapkan terima kasih, anak akan bersyukur atas apa saja yang telah diberikan padanya.

Latih anak mengucapkan terima kasih dalam kehidupan sehari-harinya, bisa kepada tetangga yang memberi jajan, atau pada ibu yang memasakkan makan malam. Dengan membiasakan mengucapkan terima kasih akan membuat anak mengapresiasi apa yang diberikan dan dipunyai sehingga anak bisa jauh dari sikap manja.

3. Jangan Memberi Kompensasi untuk Meredakan Perilaku Buruk Anak

Tips Agar Anak Tidak Manja (via Hai Bunda)

Agar anak tidak manja, jangan sekali-kali memberi kompensasi pada anak jika anak berkelakuan buruk dengan harapan anak akan menurut dan memperbaiki sikap. Bukannya akan menjadi lebih baik, anak akan berpikir dengan berperilaku buruk, keinginan dan tuntutannya akan terpenuhi.

4. Biarkan Anak Menyelesaikan Masalahnya Sendiri

Tips Agar Anak Tidak Manja (via Hai Bunda)

Tidak memberikan kompensasi juga berlaku bagi lingkungan luar, dengan kata lain, biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri. Jangan sekali-kali berusaha menyelesaikan masalah dengan uang atau bentuk kompensasi tertentu, karena anak dengan mudahnya melepaskan tanggung jawab pada orang tuanya jika hal yang serupa terulang kembali. Jangan terlibat apalagi menyelesaikan permasalahan anak selama dia mampu menyelesaikannya sendiri.

Itulah 4 cara yang bisa diajarkan agar anak tidak manja. Orang tua perlu teguh dan konsisten dalam menerapkannya, agar anak benar-benar paham dan terlatih dalam pelaksanaannya. Semat mencoba ya, parents!

Tips Agar Anak Tidak Manja (via Liputan6)