5 Negara Tertinggi di Dunia yang Bikin Serasa di Atas Awan, Jangan Harap Ada Pantai!

Di dunia ini ada beberapa negara yang letaknya berada jauh di atas permukaan laut. Yuk simak daftar negara tertinggi di dunia berikut ini.

Menjelajahi negara-negara di dunia memang terlihat menyenangkan, namun juga bisa jadi menantang dan memacu adrenalin jika yang kamu kunjungi adalah negara-negara yang ketinggiannya bisa mencapai 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Bukan hanya harus menyesuaikan dengan suhu dinginnya, karena letaknya di ketinggian, transportasi menuju negara tersebut juga terbatas. Lantas negara mana saja yang merupakan negara tertinggi di dunia? Berikut informasinya:

1. Bhutan

Bhutan memiliki ketinggian rata-rata mencapai 3.279 mdpl. Berada di sebelah utara India, Bhutan dikenal dengan sebutan Negeri Naga Guntur karena simbol naga yang terdapat pada bendera juga lambang negaranya.

Karena letaknya yang tinggi, tidak banyak penerbangan langsung menuju Bhutan. Tercatat hanya 5 negara di dunia yang memiliki penerbangan langsung ke Bhutan.

2. Nepal

Negara Tertinggi di Dunia (via Liputan6)

Nepal memiliki ketinggian rata-rata mencapai 3.265 mdpl. Titik tertinggi di Nepal adalah puncak Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 8.848 mdpl.

3. Tajikistan

Negara Tertinggi di Dunia (via Republika)

Kondisi geografis Tajikistan merupakan dataran tinggi yang tidak berbatasan dengan laut. Memiliki ketinggian rata-rata mencapai 3.186 mdpl, Tajikistan terkenal tentang legenda adanya manusia salju atau yeti. Jika kamu ingin mengunjungi Tajikistan, bisa melalui transportasi udara atau darat.

4. Kirgistan

Negara Tertinggi di Dunia (via Suara Merdeka)

Berlokasi di Asia Tengah, Kirgistan terletak di ketinggian rata-rata mencapai 2.988 meter. Di Kirgistan, kamu bisa menemukan Glasier Inylchek yang merupakan salah satu glasier terbesar di dunia.

Selain itu, Kirgistan mempunyai danau tertinggi dunia yang bernama Danau Issyk Kul. Yang menarik, danau ini tidak pernah terasa dingin meskipun letaknya di pegunungan.

5. Lesotho

Negara Tertinggi di Dunia (via Kompas)

Lesotho memiliki ketinggian rata-rata mencapai 2.161 mdpl. Negara yang terletak di Afrika bagian selatan ini memiliki julukan Kingdom of The Sky karena 80 persen wilayahnya berada di ketinggian 1.800 mdpl. Dengan ketinggian ini, Lesotho menjadi tempat resort ski tertinggi di Afrika.

Itulah daftar 5 negara tertinggi di dunia. Jika kamu ingin berlibur, tidak ada salahnya mencoba merasakan berada di ketinggian negara-negara tersebut. Jangan lupa siapkan pakaian hangat sebelum berangkat!

 

Negara Tertinggi di Dunia (via IDN Times)