7 Tempat Wisata di Mata Uang Rupiah yang Wajib Dikunjungi, Indah Banget!

Pernahkah kamu memperhatikan gambar tempat wisata di mata uang rupiah terbaru emisi 2022? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pernahkah kamu memperhatikan gambar tempat wisata di mata uang rupiah terbaru emisi 2022? Pecahan uang tahun emisi 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan sejak 17 Agustus 2022.

Hal yang menarik, terdapat berbagai gambar lokasi wisata alam yang terkenal di Indonesia seperti Raja Ampat, Gunung Bromo, dan sebagainya. Penasaran tempat wisata alam mana saja yang ada di mata uang rupiah? Yuk simak informasi berikut.

1. Banda Neira

Keindahan alam Banda Neira diabadikan dalam pecahan uang kertas dengan nominal terkecil yakni Rp1.000. Banda Neira atau Banda Naira berada di daerah administratif Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Kepulauan Banda Naira di kenal juga mempunyai obyek wisata bawah laut yang mengagumkan dengan air yang sangat jernih sehingga cocok sebagai tempat menyelam dan snorkeling. Selain alamnya yang indah, Banda Neira juga memiliki objek wisata sejarah seperti benteng-benteng kuno, pelabuhan serta rumah tua bergaya kolonial.

2. Ngarai Sianok

Tempat Wisata di Mata Uang Rupiah (via Popmama)

Keindahan alam Ngarai Sianok di Sumatera Barat diabadikan di bagian belakang uang kertas pecahan Rp2.000. Ngarai Sianok dipilih karena keindahan lembahnya yang dikelilingi oleh bukit curam ditambah dengan adanya sungai berkelok yang sangat indah.

Kawasan ini memiliki sebutan lain yaitu, Lembah Pendiam, karena suasananya yang damai dan tenang. Kamu bisa menghabiskan waktu healing dengan berwisata di tempat ini. Ngarai Sianok ini terletak di Bukittinggi, Sumatra Barat.

3. Gunung Bromo

Tempat Wisata di Mata Uang Rupiah (via IDN Times)

Gunung Bromo yang terletak di Jawa Timur sudah sangat dikenal luas baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan Gunung Bromo yang bagaikan di atas awan, ditampilkan di bagian belakang uang kertas pecahan Rp5.000. Jika berlibur ke Gunung Bromo, kamu akan menikmati pemandangan sunrise yang terkenal. Selain itu, di malam hari saat cuaca cerah, kamu bisa menimkati gugusan bintang yang tampak di langit.

4. Taman Nasional Wakatobi

Tempat Wisata di Mata Uang Rupiah (via Tribunnews)

Taman Nasional Wakatobi yang diabadikan di bagian belakang pecahan uang kertas Rp10.000 terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Keindahan alam bawah laut Wakatobi begitu terkenal karena berada di Coral Triangle atau Segitiga Terumbu Karang.

Segitiga Terumbu Karang sendiri adalah istilah yang mengacu kepada wilayah seluas 6 juta km yang melewati Kawasan Malaysia, Indonesia dengan Taman Nasional Wakatobi, Kepulauan Solomon hingga Timor Leste. Karena itu Wakatobi memiliki 750 dari 850 koleksi terumbu karang yang ada di dunia.

5. Kepulauan Derawan

Tempat Wisata di Mata Uang Rupiah (via Tripzilla Indonesia)

Kepulauan derawan terpilih menjadi objek wisata alam yang diabadikan di bagian belakang uang kertas pecahan Rp20.000. Di Kepulauan Derawan, kamu bisa menikmati keindahan alam Pulau Derawan dengan biota bawah airnya, Pulau Maratua dengan penyu-penyu di pesisir pantai, diving dan snorkeling di perairan Pulau Maratua, serta menikmati lagon dangkal yang ditumbuhi karang, ikan pari manta, juga penyu hijau dan penyu sisik di Pulau Sangalaki.

6. Taman Nasional Komodo

Tempat Wisata di Mata Uang Rupiah (via Kompas)

Beralih ke tempat wisata Taman Nasional Komodo yang diabadikan di bagian belakang pecahan uang kertas Rp50.000.  Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur ini begitu terkenal di mancanegara karena merupakan satu-satunya habitat komodo dragon di dunia. Selain komodo dragon, biota bawah lautnya juga memiliki sekitar 253 spesies karang pembentuk terumbu dan ribuan spesies ikan.

7. Raja Ampat

Tempat Wisata di Mata Uang Rupiah (via Kompas)

Raja Ampat adalah kepulauan yang terdiri dari banyak sekali pulau karang dan tersebar luas di seluruh wilayahnya. Keindahan gugusan pulau di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, ini diabadikan di bagian belakang pecahan uang kertas Rp100.000. Meskipun memiliki banyak pulau karang, namun Raja Ampat memiliki 4 pulau utama yang paling besar, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool.

Wilayah perairan adalah daya tarik utama wisata Raja Ampat. Raja Ampat memiliki sekitar 75% spesies laut seluruh dunia. Bahkan, wilayah laut dan darat Raja Ampat seluas 4,6 juta hektar ini menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya. Karena itu Raja Ampat dianggap sebagai salah satu surga bawah laut tercantik di dunia.

Itulah tempat wisata di mata uang rupiah emisi 2022. Apa kamu sudah pernah mengunjungi 7 tempat wisata alam di atas? Jika belum, yuk segera siapkan perjalanan dari sekarang. Dijamin bakal terkesan!

Tempat Wisata di Mata Uang Rupiah (via Wisata IDN)