Tips Ampuh Lolos Interview Kerja di Perusahaan BUMN, Erick Thohir Bocorkan Rahasianya

Erick Thohir selaku Menteri BUMN membagikan tips lolos interview kerja di perusahaan BUMN. Penasaran?

Perusahaan BUMN sampai sekarang jadi magnet bagi pencari kerja untuk bekerja di instansi tersebut. Selain siap berikan gaji besar, kesejahteraan dan fasilitas yang didapatkan karyawan cukup menggiurkan. Erick Thohir sebagai Menteri BUMN membagikan tips lolos interview kerja di Perusahaan BUMN.

Melansir dari Instagram @erickthohir, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI ini menyebut ada kunci penting dalam proses interview kerja di perusahaan BUMN yang bisa membuat si pelamar kerja bisa diterima bekerja. Erick Thohir mengatakan, biasanya pihak perusahaan BUMN akan bertanya kepada pelamar kerja, apakah ada yang ingin ditanyakan?

“Si pelamar bisa bilang begini: kalau saya dapat kesempatan untuk gabung ke perusahaan ini, apa saja yang harus saya lakukan agar perusahaan merasa kalau memperkerjakan saya adalah keputusan yang baik,” kata Erick Thohir yang diketahui memiliki banyak perusahaan sebelum jadi pejabat.

Erick Thohir mengatakan kata-kata itu bisa jadi tips lolos interview kerja di Perusahaan BUMN karena perusahaan BUMN yang sedang mencari pegawai akan memvisualisasikan pelamar kerja sedang bekerja di perusahaan tersebut. “Karena kamu memposisikan diri sebagai pelamar yang baik,” tambah Erick Thohir dalam video tersebut.

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN 1 memberikan banyak kesempatan kepada lulusan-lulusan S1 atau S2 yang mau berkarir di anak perusahaan BUMN. Mungkin banyak yang bertanya berapa kisaran gaji lulusan S2 jika kerja di BUMN?

Meskipun perusahaan tersebut milik pemerintah atau plat merah namun kesejahteraan dan penghasilan yang didapatkan sangat besar bagi pegawai yang bekerja di perusahaan BUMN tersebut.

Dilansir dari Quora, sebenarnya gaji lulusan S2 dan S1 di BUMN pasti berbeda. Secara nominal gaji pegawai lulusan S2 lebih besar dari S1. Menurut seorang warganet mengatakan bahwa saat ini BUMN jarang membuka lowongan bagi lulusan S2 karena lebih banyak membuka lowongan kerja untuk lulusan S1 saja.

Tips Lolos interview Kerja di Perusahaan BUMN (MediaBUMN.com)

Jikalau ada perusahaan BUMN yang membuka lowongan S2 biasanya untuk level pengalaman beberapa tahun dan untuk posisi tinggi semisal manajer ke atas hingga direktur sekalipun. Yang jelas posisi-posisi tersebut dipastikan mendapatkan gaji yang besar dari mulai puluhan juta hingga ratusan juta.

Namun untuk posisi staff sampai level menengah, biasanya jarang mencari lulusan S2. Kalau melamar kerja untuk lulusan S1 pasti gaji yang didapatkan akan disamakan dengan lulusan S1 yang jauh di bawah lulusan S2. 

Dilansir dari CNBC Indonesia terungkap beberapa kisaran gaji yang bisa didapatkanpegawai BUMN. Misalnya di perusahaan BUMN bidang kesehatan gaji terendah dari Rp 4-7 juta sampai gaji terbesar mencapai Rp 180 juta. Bidang farmasi dari Rp 4 juta mencapai Rp 300 juta yang bisa didapatkan seorang Managing Director.

Sementara di perusahaan BUMN 2 bidang konstruksi pembangunan gaji yang didapat antara Rp 5 juta hingga Rp 400 juta sekelas level Chief Executive Officer. Lalu bidang manufaktur dari gaji Rp 4 juta hingga Rp 150 juta. Dan bidang tambang dari gaji terendah Rp 15 juta hingga Rp 300 juta.

Terkait tips lolos interview kerja di Perusahaan BUMN, silahkan kamu bisa mencoba jika suatu hari mendapatkan kesempatan untuk melakukan sesi interview dengan perusahaan BUMN. Selamat mencoba!

Tips Lolos interview Kerja di Perusahaan BUMN (Pikiran Rakyat)