6 Fakta Unik Kereta Panoramic yang Perlu Kamu Tahu

Memang apa sih fakta unik kereta panoramic? Banyak orang yang tertarik melakukan perjalanan dengan transportasi ini karena sejumlah fasilitas menarik.

Memang apa sih fakta unik kereta panoramic? Apa perbedaannya dengan transportasi kereta reguler? Hal-hal tersebut mungkin akan terlintas dalam pikiranmu saat pertama kali mendengat moda yang sedang jadi perbincangan hangat ini. Banyak orang yang tertarik melakukan perjalanan dengan transportasi ini karena sejumlah fasilitas menarik yang ditawarkan.

Bagi yang belum tahu, kereta panoramic yang pertama kali ada di Indonesia resmi beroperasi pada momen Natal dan Tahun Baru 2023. Karena merupakan gerbong kereta khusus, maka banyak fakta unik kereta panoramic yang berbeda dari kereta api lainnya di Indonesia.

Saat beroperasi pertama kali, kereta ini dirangkaikan pada perjalanan KA Taksaka Tambahan relasi Jakarta Gambir-Yogyakarta Tugu, dan seiring waktu semakin berkembang dengan lebih banyak rute. Lalu apa saja keunikan kereta panoramic? Berikut faktanya:

1. Kereta Panoramic Pertama

Fakta unik kereta panoramic yang pertama adalah, kereta ini merupakan yang pertama di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Karena itu, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri jika ingin mencoba pengalaman menaiki kereta panoramic.

Selain Indonesia, ada beberapa negara lain yang juga telah memiliki kereta panoramic, diantaranya adalah Swiss, Jepang, dan India. Masing-masing negara tentunya memungkinkan penumpang untuk menikmati pemandangan indah selama perjalanan.

2. Tampilan Mewah

Fakta Unik Kereta Panoramic (via Wow Keren)

Fakta berikutnya dari kereta panoramic adalah tampilannya yang khas dengan warna royal green glossy dengan garis livery emas sehingga terkesan mewah. Sedangkan tampilan interiornya merupakan gerbong penumpang berjendela besar. Dinding gerbong dibuat dengan motif panel kayu jati berwarna krem. Tampilan mewah ini dibuat untuk menciptakan kenyamanan dan kesan elegan bagi penumpang kereta.

3. Atap Kaca

Fakta Unik Kereta Panoramic (via Bisnis Ekonomi)

Fakta unik kereta panoramic lainnya adalah memiliki jendela di sisi kanan, kiri dan atas gerbong. Atap kereta ini memiliki sunroof dengan pola persegi memanjang transparan dari depan hingga belakang. Dengan jendela yang begitu luas, kamu tak perlu khawatir pada terpaan sinar matahari karena ada tirai canggih yang dapat dioperasikan menggunakan tombol di salah satu sisi kursi penumpang.

4. Kaca Tebal

Fakta Unik Kereta Panoramic (via CNBC Indonesia)

Karena sebagian besar dinding gerbong merupakan jendela kaca yang lebar, maka gerbong ini menggunakan kaca khusus. Kaca jendela ini memiliki milimeter yang tebal dan berbahan tempered sehingga kuat, tebal, dan diklaim tak mudah pecah oleh benturan benda keras dari luar kereta. Selain itu, kaca jendela juga mampu menyerap panas sinar matahari sehingga kabin gerbong tidak panas.

5. Kursi yang Dapat Berputar

Fakta Unik Kereta Panoramic (via Merdeka)

Berbeda dengan gerbong kereta lainnya, kursi KA Panoramic bisa diputar menghadap ke jendela besar agar penumpang bisa menikmati pemandangan alam di sepanjang jalur kereta, sehingga kamu benar-benar akan dimanjakan dengan pengalaman naik kereta api yang berbeda dari biasanya.

6. Tempat Meletakkan Barang

Fakta Unik Kereta Panoramic (via Blibli)

Jika kamu sering bepergian menggunakan kereta api, pasti sudah hafal jika rak bagasi penumpang berada di sepanjang dalam gerbong, di atas tempat duduk penumpang. Namun saat naik kereta panoramic, kamu tidak akan menemukan tempat bagasi seperti di kereta lainnya.

Di kereta panoramic, kamu akan menemukan rak bagasi berada tepat di ujung gerbong. Rak bagasi ini diperuntukkan khusus bagi penumpang kereta panoramic. Jadi tidak ada lagi tas atau koper di atas kursi penumpang yang bisa menghalangimu menikmati pemandangan.

Itulah 6 fakta unik kereta panoramic yang perlu kamu tahu. Kereta panoramic bukan hanya menawarkan kemewahan, namun juga kenyamanan dan pengalaman menikmati perjalanan yang berbeda. Jadi, apa kamu berniat mencobanya?

Fakta Unik Kereta Panoramic (via Kompas)