Perempuan Wajib Tahu, Ini 3 Masalah Menstruasi yang Enggak Boleh Diabaikan

Jangan abaikan masalah yang datang saat menstruasi karena bisa saja berdampak buruk untuk kesehatan reproduksi. Simak ulasannya!

Sebagian perempuan tentu pernah merasakan masalah saat 'tamu bulanan' datang, mulai dari badan pegal-pegal, kram perut, mood buruk, hingga sakit kepala. Walau terlihat sepele, tapi jangan terus dibiarkan karena bisa saja berdampak buruk pada kesehatan reproduksi. Berikut ini beberapa masalah menstruasi yang enggak boleh sama sekali diabaikan.

1. Jadwal Menstruasi Tidak Teratur

Sebagian perempuan tentu pernah mengalami jadwa menstruasi yang enggak teratur. Menurut kata ahli, hal ini terjadi karena hormon estrogen dan hormon progesteron dalam tubuh tidak seimbang.

Jika salah satu hormon tersebut bermasalah, maka akan berpengaruh pada siklus menstruasi. Ketidakseimbangan hormon terjadi karena berbagai sebab, seperti stres, kegemukan, atau terlalu kurus.

2. Volume Darah Menstruasi Lebih Banyak

Masalah saat Menstruasi (via CNN)

Masalah kedua yang enggak boleh diabaikan adalah volume darah menstruasi yang lebih banyak. Umumnya perempuan mengeluarkan volume darah menstruasi sebanyak 30-40 ml per bulan. Namun ada perempuan yang mengeluarkan 60 ml sebulan. Kondisi ini disebut dengan menorrhagia.

Kamu perlu mewaspadai kondisi ini ya, karena kehilangan banyak darah bisa menurunkan kadar zat besi dalam darah. Padahal kekurangan zat besi dapat membuat jumlah sel darah merah berkurang, yang pada akhirnya terjadilah anemia.

3. Nyeri Haid yang Berlebihan

Masalah saat Menstruasi (via Merdeka)

Merasakan nyeri saat haid atau kram perut adalah hal wajah saat datang bulan. Namun, ada sebagian perempuan yang mengalami kram perut berlebih hingga menyebabkan aktivitas mereka terganggu, bahkan pingsan. Perlu diketahui bahwa nyeri berlebihan saat haid ini dapat menjadi indikasi adanya penyakit tertentu. Misalnya, fibroid dan endometriosis.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja masalah menstruasi yang enggak boleh diabaikan. Jadi jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika kamu sering mengalami masalah menstruasi yang disebutkan tadi. Jangan sampai terlambat ya.

Masalah saat Menstruasi (via Grid)