Wajib Waspada, Ini 5 Hal yang Memicu Terjadinya KDRT

Walaupun kasus KDRT kini semakin meningkat akan tetapi masih banyak yang ingin bertahan. Apa sih hal yang memicu terjadinya KDRT?

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) kini semakin banyak terjadi dan sayangnya tidak sedikit korban yang memilih bertahan dalam hubungan tersebut. Banyak hal yang memicu terjadinya KDRT, dimulai dari masalah ekonomi hingga kesenjangan gender antara perempuan dan laki-laki.

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian masyarakat masih menjujung tinggi paham patriarki yang menempatkan pria sebagai pemegang kekuasaan utama dan mendominasi dalam peran kepemimpinan. Dan laki-laki dianggap lebih kuat daripada perempuan.

Padahal di Indonesia, kedudukan laki-laki dan perempuan adalah sama menurut hukum yang berlaku. Selain masalah ekonomi dan kesenjangan gender, ada faktor pemicu lain yang bisa menjadi awal mula terjadinya KDRT. Berikut ini penjelasannya.

1. Masalah Mental

Rasa cemas, depresi, ketergantungan obat, dan gangguan pribadi anti-sosial juga bisa menjadi pemicu terjadi KDRT. Jika tidak segera ditangani, maka KDRT bisa terjadi bahkan bisa mengakibatkan kematian pada korbannya.

2. Kemiskinan dan Pengangguran

Hal yang Memicu Terjadinya KDRT (via Halodoc)

Masalah finansial yang berpengaruh pada kesejahteraan rumah tangga juga bisa menjadi pemicu terjadinya KDRT. Lebih parahnya lagi, korban KDRT biasanya tidak bisa begitu saja melarikan diri karena tidak adanya dana untuk lari dari kondisi tersebut.

3. Pendidikan

Hal yang Memicu Terjadinya KDRT (via Merdeka)

Pendidikan sangat berpengaruh pada pengambilan keputusan dalam aspek rumah tangga. Mereka yang berpendidikan rendah, maka cenderung mengambil keputusan dengan tergesa-gesa dan kurang matang. Karena itu mereka kurang mampu untuk mengendalikan emosi.

4. Menikah Muda

Hal yang Memicu Terjadinya KDRT (via tvOneNews)

Menikah di usia muda sebenarnya bukanlah kesalahan, namun umumnya seseorang melepas lajang secara dini belum memiliki keterampilan cukup untuk mengasuk anak. Akibatnya adalah mereka jadi rentan marah, agresif, frustasi, bahkan depresi dalam menjalaninya.

5. Alkoholisme

Hal yang Memicu Terjadinya KDRT (via Kabar Damai)

Pengaruh alkohol memang bisa mengubah perilaku, suasana hati, dan suka berkonsentrasi. Penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang juga bisa memicu KDRT. Bahkan sebagian besar kasus KDRT terjadi karena alkoholisme.

Nah, itu tadi beberapa hal yang memicu terjadinya KDRT. Memang tidak selalu terjadi, namun ketika mengalami kondisi-kondisi seperti yang disebutkan tadi, sebaiknya waspada agar terhindar dari KDRT.

Hal yang Memicu Terjadinya KDRT (via DokterSehat)