Bisa Beresiko Besar! 5 Makanan Ini Gak Boleh Disimpan Di Pintu Kulkas, Jangan Salah Lagi Ya!

5 Makanan yang tidak boleh disimpan di pintu kulkas, salah satunya telur.

Kulkas merupakan peralatan elektronik yang paling digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan. Namun perlu diketahui kalau penempatan makanan serta bahan makanan mentah harus sesuai dengan kebutuhannya. 

Untuk mempermudah, banyak orang yang kadang asal meletakkan makanan di bagian pintu kulkas. Padahal tidak semua makanan bisa disimpan di area pintu kulkas loh! Hal ini karena area tersebut rentan terhadap fluktuasi suhu.

Ini berbeda dengan suhu di sekitar rak dan laci yang cenderung tetap konstan. Jadi setiap kali pintu kulkas dibuka bisa membuat isi kulkas terkena udara hangat sehingga membuat makanan yang disimpan berisiko mengalami pembusukan. 

Maka dari itu, hindari menyimpan makanan di pintu kulkas yang dapat menangani perubahan suhu. Lalu apa saja bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di area pintu kulkas. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Telur

Setiap kulkas menyediakan rak khusus untuk menyimpan telur di bagian pintu. Padahal sebenarnya, tempat itu tidaklah tepat untuk mempertahankan suhu telur. Telur paling baik disimpan di rak bagian dalam, yang suhunya lebih konsisten.

Selain itu, telur juga harus disimpan di dalam kotak karton bawaan pabrik karena karton tersebut akan mencegah hilangnya kelembapan serta mencegah telur untuk menyerap bau atau rasa dari makanan lain.

Ilustrasi Rak Telur Di Kulkas (Grid.ID)

Daging dan Unggas

Daging dan unggas juga tidak disarankan untuk disimpan di pintu kulkas. Sebab, daging dan unggas mentah memiliki cairan seperti jus yang bisa mencemari makanan lain jika bersandingan atau saling menempel. Selain itu, cairan dari makanan itu juga bisa menetes ke bawah.

Di samping itu, suhu pintu kulkas yang tidak konsisten juga tidak aman untuk keawetan daging dan unggas. Adapun tempat terbaik untuk menyimpan daging dan unggas mentah adalah di rak khusus serta bungkus rapat dengan plastik atau wadah tertutup untuk mencegahnya bocor.

Ilustrasi Simpan Daging dan Unggas (Pinhome)

Buah dan Sayur

Setiap kulkas menyediakan laci khusus untuk menyimpan buah-buahan dan sayur-sayuran. Hal ini untuk mengoptimalkan lingkungan penyimpanan untuk buah dan sayuran. Sebagian besar laci khusus dapat menjaga tingkat kelembapan. Sehingga kita bisa membuat kompartemen untuk memisahkan buah-buahan dan sayuran.

Ilustrasi Penyimpanan Buah dan Sayur (Mommies Daily)

Susu

Tak disangka, pintu kulkas ternyata area terburuk untuk meletakkan susu. Hal ini karena suhu yang hangat di pintu kulkas memungkinkan bakteri untuk tumbuh. Jika kita meletakkan susu di pintu, maka susu terpapar suhu hangat dan kemungkinan susu membusuk akan meningkat. 

Jadi, menyimpan susu di pintu kulkas hanya akan meningkatkan kemungkinan pembusukan yang lebih tinggi. Jadi disarankan untuk menyimpan susu di bagian belakang kulkas, yang memiliki suhu paling dingin. 

Ilustrasi Susu Di Pintu Kulkas (Detikcom)

Keju

Hampir sama dengan buah dan sayuran, keju juga punya laci khusus di kulkas, bukan di area pintu. Adapun laci ini biasanya terletak di bawah freezer. Udara dingin tambahan diarahkan ke laci untuk menjaga bahan makanan tetap dingin tanpa membuatnya beku. Suhu ini sangat cocok untuk keju. Selain itu, laci ini juga merupakan lokasi bagus untuk menyimpan daging.

Ilustrasi Keju di Dalam Kulkas (Electrolux Indonesia)