3 Ciri Rumah Sehat yang Layak untuk Ditempati, Sudah Tahu?

Apa sih ciri rumah sehat yang layak untuk ditempati? Agar tidak bertanya-tanya, coba simak ulasan berikut ini!

Apa sih ciri rumah  sehat yang layak untuk ditempati? Memiliki rumah yang bagus, indah, dan cantik tentu dambaan setiap orang. Namun rumah yang layak ditinggali tidak hanya sebatas bagus, tapi juga harus layak dari berbagai segi.

Perlu diketahui bahwa memiliki rumah yang sehat akan sangat bermanfaat untuk semua penghuni rumah tersebut. Sebab rumah yang kotor bisa mengancam kesehatan fisik penghuninya, terutama yang masih berusia bayi atau balita dan lansia.

Nah, untuk mendapatkan rumah yang bersih tentu kamu harus cek lagi seperti apa sih ciri rumah sehat yang sebenarnya. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ciri rumah sehat yang wajib kamu pahami. Apa saja?

1. Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Semua pasti setuju kalau sirkulasi udara yang baik sangat penting untuk sebuah tempat tinggal. sebab, sirkulasi udara yang baik akan membuat udara di dalam rumah menjadi lebih segar, tidak pengap, dan adem.

Tidak hanya itu, sirkulasi udara yang optimal juga bisa mengurangi polusi yang terjebak di dalam rumah dan menghindarkan penghuninya dari risiko terkena infeksi saluran pernapasan (ISPA).

Sirkulasi udara yang baik ditandai dengan ukuran dan jumlah jendela, serta beberapa tambahan lubang atau kipas ventilasi. Meski demikian, pastikan juga jendela dan ventilasi tidak berlebihan agar tidak menjadi jalan masuk untuk debu, serangga, dan ancaman lainnya.

Ciri Rumah Sehat (via Magiclean)

2. Sinar Matahari Bisa Masuk dengan Maksimal

selain sirkulasi udara yang baik, rumah yang sehat juga ditandai dengan melimpahnya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. sebab sinar matahari ini tidak hanya berfungsi sebagai penerangan saat siang, tapi juga baik untuk kesehatan karena mengsung vitamin D.

Selain itu, cahaya matahari juga bisa membuat ruangan menjadi lebih hangat. Sehingga rumah tidak menjadi lembab dan pertumbuhan lumut juga berkurang. Kelembaban udara yang terjaga juga akan membuat penghuni rumah jadi lebih sehat. 

Ciri Rumah Sehat (via Asera Nishi)

3. Bersih dan Bebas Debu

Ciri rumah sehat selanjutnya adalah rumah yang senantiasa bersih, rapi, dan bebas debu. Karena itu, penting banget untuk menjaga kebersihan rumah. Jadi jangan lupa untuk selalu menyapu, mengepel, dan mengelap meja agar rumah jadi bebas debu. Kembalikan lagi barang-barang yang sudah digunakan ke tempatnya semua, agar rumah selalu rapi sehingga enak dan nyaman dipandang.

Nah, itu tadi beberapa ciri rumah  sehat yang wajib kamu tahu, agar kamu paham seperti apa hunian yang layak ditinggali. Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat hunianmu lebih sehat untuk seluruh anggota keluarga. 

Ciri Rumah Sehat (via Summarecon Bekasi)