6 Manfaat Alkohol Gosok untuk Membersihkan Rumah, Dijamin Kinclong!

Alkohol gosok merupakan salah satu bahan kimia yang familiar dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki banyak manfaat. Apa saja?

Alkohol gosok merupakan salah satu bahan kimia yang familiar dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali manfaat senyawa ini untuk membersihkan rumah. Berikut beberapa manfaat alkohol gosok untuk membersihkan rumah yang perlu kamu tahu:

1. Sebagai Disinfektan

Manfaat alkohol gosok untuk membersihkan rumah di antaranya adalah sebagai disinfektan. Seperti yang kita ketahui, alkohol bersifat desinfektan sehingga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan seperti furnitur. Cara membuat larutan disinfektan menggunakan alkohol adalah dengan mencampur alkohol dan air dengan perbandingan 1:1.

2. Membersihkan Stainless Steel

Manfaat Alkohol Gosok untuk Membersihkan Rumah (via Olaif)

Manfaat alkohol gosok yang lain adalah untuk membersihkan peralatan berbahan stainles steel. Selain dapat mencegah munculnya bakteri, alkohol juga bisa menghilangkan sidik jari yang menempel di bahan stainless steel seperti tempat cuci piring atau sendok dan garpu. 

3. Menghapus Spidol Permanen

Manfaat Alkohol Gosok untuk Membersihkan Rumah (via Grid)

Fungsi lain yang tak kalah pentingnya adalah dapat menghapus spidol permanen. Hal ini sangat berguna untuk orang tua yang memiliki balita yang senang mencoret-coret. Kamu bisa menggunakan alkohol gosok untuk membersihkan tinta spidol di permukaan yang keras seperti meja dan plastik. Caranya sederhana, cukup oleskan alkohol gosok di permukaan yang terkena spidol dan bersihkan. 

4. Membersihkan Cermin

Manfaat Alkohol Gosok untuk Membersihkan Rumah (via Wikihow)

Alkohol gosok juga bisa digunakan untuk membersihkan cermin dari bekas cipratan air dan busa sabun. Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan alkohol pada cermin, kemudian gosok dan bersihkan. Cara ini akan menghilangkan semua kotoran dan memberikan kilau yang bebas kotoran. 

5. Menghilangkan Kotoran pada Layar

Manfaat Alkohol Gosok untuk Membersihkan Rumah (via Rakyat Merdeka)

Selain cermin, alkohol gosok juga bisa digunakan untuk menghilangkan kotoran pada layar ponsel, tv, komputer, dan gawai lain yang sering kamu gunakan. Bersihkan dengan lap yang telah dibasahi sedikit dengan alkohol untuk menghilangkan kotoran, minyak dan bekas sidik jari. Selain itu, alkohol juga berfungsi untuk meminimalkan kuman pada gawai yang sering kamu sentuh.

6. Membersihkan Dapur

Manfaat Alkohol Gosok untuk Membersihkan Rumah (via Greeners)

Manfaat alkohol gosok untuk membersihkan rumah lainnya adalah sebagai pembersih sisa-sisa minyak di perabot dapur. Dapur yang selalu digunakan akan menimbulkan noda-noda minyak di meja dapur dan permukaan kompor. Cara untuk membersihkannya adalah dengan menyeka area kotor dengan spons atau lap yang telah direndam dalam alkohol.

Manfaat Alkohol Gosok untuk Membersihkan Rumah (via Halodoc)