Pastikan Tetap Aman! Begini Cara Menghangatkan Makanan untuk Sahur

Kamu harus tahu bagaimana cara menghangatkan makanan untuk sahur dengan benar agar makanan yang dikonsumsi aman.

Makanan untuk sahur umumnya sudah dimasak saat sore agar tidak membutuhkan waktu lama untuk menyajikan makanan saat sahur. Tapi jangan sembarangan, kamu harus tahu bagaimana cara menghangatkan makanan untuk sahur dengan benar agar makanan yang dikonsumsi aman.

Sebagai informasi, makanan yang telah dipanaskan berulang kali bisa berisiko menimbulkan racun, sehingga penting sekali mengetahui bagaimana cara memanaskan makanan yang benar.

Nah, buat kamu yang selama ini lebih suka memanaskan makanan saat sahur, berikut ini beberapa cara yang harus kamu ketahui, agar makanan yang kamu hangatkan tetap aman dikonsumsi.

1. Dipanaskan Satu Kali

Sebelum menyajikan makanan untuk sahur, sebaiknya pastikan terlebih dahulu makanan tersebut hanya dipanaskan satu kali. Sebab memanaskan makanan yang suda dimasukkan lemari es berulang kali tentu tidak baik untuk dikonsumsi.

Cara Menghangatkan Makanan untuk Sahur (via Grid)

2. Gunakan Suhu Maksimal 74 Derajat Celcius

Saat menghangatkan makanan, usahakan menggunakan suhu maksimal 74 derajat celcius. Sebab, menghangatkan makanan di suhu yang terlalu panas akan menghilangkan nutrisi pada makanan tersebut.

Cara Menghangatkan Makanan untuk Sahur (via Ping Point)

3. Panaskan Hingga Mendidih

Jika kamu ingin menyantap makanan berkuah saat sahur, sebaiknya kamu memastikan sudah menghangatkan makanan tersebut hingga airnya mendidih untuk memastikan kuman penyakit di dalamnya mati. Namun jangan sampai overheating dan membuat rasanya jadi berubah ya!

Cara Menghangatkan Makanan untuk Sahur (via Berita Sulsel)

4. Simpan Makanan dalam Wadah Tertutup

Pastikan makanan yang akan kamu hangatkan saat sahur tersimpan dalam wadah yang tertutup. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada rasa dan kualitas makanan saat dipanasi. Lagipula, makanan yang disimpan dengan baik akan menghindarkannya dari bakteri yang mungkin saja hinggap.

Cara Menghangatkan Makanan untuk Sahur (via Blog Tribun Jual Beli)

5. Perhatikan Makanan yang Dihangatkan

Sebelum menghangatkan makanan sebaiknya kamu perhatian jenis makanannya. Jika makanan tersebut adalah sayur bayam, maka sebaiknya tidak dipanaskan kembali. Selain itu, makanan seperti kentang dan ayam juga tidak boleh dipanaskan kembali, sebab bisa menghilangkan kandungan baik dalam makanan tersebut.

Nah, itu tadi beberapa cara menghangatkan makanan untuk sahur yang wajib dipahami. Jadi jangan sembarangan ya. Menyantap makanan yang baik akan membuatmu lebih segar dan kuat menghadapi puasa seharian.

Cara Menghangatkan Makanan untuk Sahur (via Suara)