Jadi Lebih Bersyukur, Ini 4 Tips agar Tidak Iri dengan Pencapaian Orang Lain

Pernah enggak sih kamu merasa iri dengan pencapaian orang lain? Jika pernah, bisa jadi kamu sedang tidak bersyukur dengan apa yang kamu capai.

Ketika melihat orang lain sukses, pernah nggak sih kamu berkata dalam hati "kenapa yang kok bukan aku yang sukses?", jika pernah itu artinya kamu sedang iri dengan pencapaian orang lain. Wah, jangan-jangan kamu sedang tidak bersyukur.

Setiap manusia memiliki sifat iri. karena itu tanpa sadar kamu tiba-tiba merasa iri dengan pencapaian orang lain meski itu teman atau saudara sendiri.

Iri dengan kesuksesan orang lain artinya kamu akan menggunakan orang tersebut sebagai standart kesuksesan kamu. Kamu tidak akan bahagia karena kamu akan terus merasa tersaingi tanpa pernah puas dengan pencapaian sendiri.

Nah agar kamu bisa jadi lebih bersyukur dan bahagia, berikut ini beberapa tips agar kamu enggak iri dengan pencapaian orang lain.

1. Renungkan Apa yang Membuatmu Iri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan merenung. Pikirkan apa sih yang membuat kamu iri dengan pencapaian orang lain. Jika sudah menemukan jawabannya, kamu akan lebih mudah mengendalikan rasa iri tersebut.

Cara Mencegah Rasa Iri dengan Pencapaian Orang Lain (via Yoursay)

2. Stop Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Setiap orang spesial menurut versinya masing-masing. Maka ketika kamu terus membandingkan diri dengan orang lain, makan bukannya bahagia kamu akan terus merasa tersiksa karena tidak bisa menjadi seperti mereka. Mulai cintai dirimu sendiri, jadi kamu mensyukuri apa yang kamu raih.

Cara Mencegah Rasa Iri dengan Pencapaian Orang Lain (via Strategi dan Tips Pengembangan Diri)

3. Lihat dari Segi Positif

Iri melihat kesuksesan orang lain akan memberi dampak negatif pada kehidupan kamu. Jadi ubahkan cara pandangmu terhadap kesuksesan orang lain dengan pandangan positif.

Cara Mencegah Rasa Iri dengan Pencapaian Orang Lain (via IDN Times)

4. Temukan Kelebihan Diri Sendiri

Setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka percayalah kalau kamu tentu juga memiliki kelebihan. Maka temukan kelebihan dalam diri kamu dan asah agar kamu bisa sama suksesnya seperti orang lain.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja tips agar tidak iri dengan pencapaian orang lain. Jadi syukuri hidup yang kamu miliki agar kamu bisa lebih berkembang dan tidak bergantung dengan standart orang lain.

Cara Mencegah Rasa Iri dengan Pencapaian Orang Lain (via Beautynesia)