Viral! Seorang Perempuan Diduga Dikejar Debt Collector di Sebuah Jalan di Jogja, Polisi Dibilang Gak Nolongin

Viral! Seorang Perempuan Diduga Dikejar Debt Collector di Sebuah Jalan di Jogja, Polisi Dibilang Gak Nolongin

Debt collector adalah sebutan untuk orang yang berprofesi sebagai penagih utang. Mereka biasanya memiliki perawakan yang sangar dan tidak ragu untuk berlaku kasar ketika melakukan tugasnya.

Kini, profesi sebagai debt collector lebih dikenal sebagai orang yang bekerja mengambil paksa kendaraan yang cicilannya nunggak tak dibayar.

Seperti kisah viral yang baru-baru ini terjadi. Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @cecenaswa_, tampak seorang perempuan yang diduga pemilik akun menangis sembari membagikan kisah sedihnya. 

Curhatan perempuan di Jogja dikejar pria yang diduga debt collector (kumparan.com)

"Kenapa ya hidup di Jogja ga aman? Sekitar jam 15.15 tadi ak di berhentiin 4 orang mereka bawa motor sendiri2 sampai kita kebut2an tabrak2an sampai mereka nyabut kunci motorku pas aku naik motor ngebut," tulisnya dalam unggahan video itu.

Yang miris, sang perempuan menceritakan bahwa tak ada satupun orang yang membantunya saat itu. Padahal kondisi jalanan sedang ramai.

"Jalanan ramai tapi ga ada yang nolongin sama sekali padahal di depannya ada pos polisi tapi polisinya ga bantu sama sekali pdhl aku cewe. Mereka ngejar aku dr Amplaz sampai pasar Sambilegi dgn alesan suruhan orang buat ambil motor," tulisnya.

# Klarifikasi dari Dirreskrimum Polda DIY

Menanggapi kisah viral itu, Dirreskrimum Polda DIY Kombes Pol Nuredy Irwansyah Putra menuturkan jika saat ini polisi sudah turun tangan. Mereka sudah meminta keterangan korban.

"Saat ini masih dalam proses penyelidikan, kita sudah jumpa dengan korbannya, yang bersangkutan telah memberikan informasi yang cukup signifikan," kata Nuredy kepada awak media, Selasa (28/3/2023).

"Kita tahu bahwa dia melakukan pembelian motor melalui lising mana, kita sudah melakukan pendataan, mohon waktunya," imbuhnya.

Diakui Nuredy, sampai saat ini dugaan dari keterangan korban yang melakukan tindakan tersebut adalah DC. Namun pihaknya masih akan melakukan kroscek data untuk memastikan hal itu.

 

"Sampai saat ini iya (dugaan DC) tapi masih dalam proses penyelidikan selanjutnya. Itu informasi yang diberikan oleh si korban. Tentunya kita melakukan kroscek lagi kepada pihak-pihak terkait, lising tentunya, udah gitu mudah-mudahan kita bisa dapatkan pelakunya secepatnya," terangnya. 

Momen debt collector yang sedang bertugas di salah satu jalan raya di Jakarta (tribunnews.com)