Ini Dia Perbedaan Antara WhatsApp Biasa dengan WhatsApp Bisnis

Ini Dia Perbedaan Antara WhatsApp Biasa dengan WhatsApp Bisnis

WhatsApp (WA) menjadi aplikasi messenger yang paling banyak digunakan saat ini. Apalagi, kini WA telah mengembangkan sebuah layanan baru berupa WhatsApp Bisnis di tahun 2018.

 

WA bisnis ini merupakan aplikasi OTT (over-the-top) yang bisa menghadirkan kenyamanan pesan pribadi ke pelanggan. Tujuannya sendiri adalah untuk memfasilitasi para penjual yang hendak mempromosikan produk mereka melalui WhatsApp.

 

Nah, biar tahu lebih jelas apa perbedaan antara WA biasa dan WA bisnis, yuk simak ulasannya berikut ini.

 

Mengutip laman verloop.io, perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp adalah sebagai berikut:

 

1. Perbedaan Logo Aplikasi

 

Pertama, yang membedakan antara WA biasa dan bisnis adalah dari logo aplikasinya. Logo pada WhatsApp Business memiliki latar belakang  berwarna hijau dengan huruf kapital ‘B’. Sedangkan logo WA biasa cuma menampilkan gambar berupa telepon berwarna hijau.

 

2. Profil Pengguna

Berikutnya adalah profil pengguna. WA bisnis bisa menampilkan informasi singkat soal bisnis yang dimilikinya, termasuk katalog produk. Berikut adalah beberapa info kontak pengguna yang menggunakan WA bisnis.

 

●     Nama bisnis

●     Logo

●     Kategori bisnis

●     URL situs web

●     Tampilan katalog produk

●     Memasukkan deskripsi perusahaan

●     Memperbarui lokasi dan menentukan jam kerja.

 

3. Label pada Kontak

Ilustrasi orang sedang menggunakan aplikasi WhatsApp (detik)

 

Pada WA biasa, tak ada fitur label yang tertera di kontak. Sedangkan WA bisnis mendukung fitur ini, yakni sebuah label dengan kode warna secara kategoris di daftar chat. Label ini bertujuan untuk menandai masing-masing kontak atau grup.

 

Dengan adanya label di fitur WA bisnis, pengguna bisa mengurutkan kontak berdasarkan nama maupun label khususnya. Pengguna bisa membuatnya hingga 20 label khusus.

 

4. Otomatisasi Pesan

 

Pada WA biasa, tak ada fitur mengotomatiskan pesan di messenger pribadi. Tapi WA bisnis, pengguna bisa melakukan pesan otomatis yang bakal terkirim.

 

Fitur ini sangat penting untuk orang-orang yang sibuk sehingga pengguna bisa memberikan respon otomatis.

 

Ada tiga macam fungsi otomatisasi pesan di WA bisnis, yaitu:

 

●     Quick replies (Teks balasan cepat)

●     Away messages (pesan di luar jam kerja)

●     Greeting messages (pesan salam)

 

5. Statistik Pesan

Ilustrasi orang sedang menggunakan aplikasi WhatsApp (pexels)

 

Selanjutnya, di WA bisnis terdapat sebuah laporan statistik pesan secara rinci. Laporan ini membantu pengguna untuk menganalisis seberapa banyak jumlah pesan yang sudah dikirim, dibaca, dan diterima.

 

6. Konektivitas Profil

 

WA bisnis dan WA biasa sebenarnya punya fitur penggunaan kode QR atau pengguna bisa berinteraksi dengan memasukkan nomor telepon. Nah, agar bisa terhubung dengan kode QR, maka pengguna harus memindai kode lalu memulai obrolan.

 

Biasanya, masing-masing profil akan menampilkan QR berbeda. Namun di WA bisnis, pengguna bisa membuat shortlinik sendiri di pengaturan akun.

 

Fitur shortlink ini berguna untuk memulai percakapan antara calon pelanggan dengan akun WA bisnis kamu.

Ilustrasi orang sedang menggunakan aplikasi WhatsApp (pexels)