Tak Perlu Berlarut-larut, Begini Tips Menenangkan Diri saat Bertengkar dengan Pasangan

Agar pertengkaranmu dengan pasangan tidak berlarut-larut, kamu wajib mengetahui cara menenangkan diri saat bertengkar dengan pasangan.

Bertengkar dengan pasangan tentu akan membuat hati menjadi tidak karuan. Bahkan semua keadaan pun menjadi serba salah. Nah, agar tidak berlarut-larut, tentu kamu harus tahu cara menenangkan diri saat bertengkar dengan pasangan.

Sebenarnya pertengkaran dengan pasangan adalah tanda bahwa hubungan kamu itu hidup. Karena memang tidak ada hubungan tanpa perselisihan. Hanya saja kamu harus tahu bagaimana menyikapinya.

Nah, agar kamu cepat merasa lebih baik dan tetap fokus setelah bertengkar dengan pasangan. Begini cara berdamai dengan keadaan di sekitar kamu agar kamu juga cepat berbaikan dengan pasangan. Apa saja?

1. Cari Tahu Sumber Masalah

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari tahu apa sih sebenarnya sumber masalah yang memicu pertengkaran kamu dan pasangan. Dengan mengetahui penyebabnya, maka kamu akan tahu bagaimana cara menyelesaikannya.

2. Cari Tempat Tenang

Cara Menenangkan Diri saat Bertengkar dengan Pasangan (via Yoursay)

Setelah bertengkar dengan pasangan coba cari tempat tenang untuk menyendiri agar kamu bisa berpikir jernih. Misalnya di belakang rumah, di taman kota atau kamu juga bisa mencari ketenangan dengan mendekatkan diri pada Tuhan dan meminta petunjuk-Nya.

Ketika kamu berhasil mendapatkan ketenangan batin, maka emosi kamu juga akan lebih terkendali. Dengan begitu, kamu akan lebih siap menghadapi pasangan dengan tenang.

3. Mendengarkan Musik

Cara Menenangkan Diri saat Bertengkar dengan Pasangan (via Travel Kompas)

Sebagian orang menganggap mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk menenangkan diri. Terlebih ketika musik yang kamu dengarkan adalah musik favorit kamu. Musik yang kamu dengarkan akan membuat kamu menjadi lebih rileks.

4. Jalan-jalan

Cara Berdamai dengan Keadaan Saat Bertengkar dengan Pasangan (via Lifestyle Kompas)

Enggak usah terlalu jauh, jalan-jalan ke taman kota atau menyusuri jalan pedesaan yang penuh dengan ketenangan juga bisa menjadi pelipur lara ketika bertengkar dengan pasangan. Melihat kesederhanaan orang-orang di luaran sana akan membuat pikiran menjadi lebih rileks, dan emosi pun lebih terkendali.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menenangkan diri saat bertengkar dengan pasangan. Jadi jangan tunggu sampai berlarut-latur ya. Semakin cepat kamu berdamai dengan keadaan maka semakin cepat kamu berbaikan dengan pasangan.

Cara Berdamai dengan Keadaan Saat Bertengkar dengan Pasangan (via Merdeka)