4 Camilan Khas Makassar yang Cocok Jadi Buah Tangan, Jangan Sampai Ketinggalan!

Beberapa camilan khas Makassar ini wajib dibeli sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat. Apa saja, yuk intip!

Makassar tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya, namun sejumlah camilan khas Makassar juga wajib dibeli sebagai buah tangan untuk keluarga dan tetangga. Kota ini memang memiliki banyak sekali camilan khas yang enak dan beda dari camilan lainnya.

Lantas, camilan khas Makassar apa saja sih yang wajib dibeli sebagai oleh-oleh ketika kamu berkunjung ke sana? Daripada kebingungan menentukan buah tangan yang cocok, yuk intip rekomendasi makanan berikut ini!

1. Kacang Sembunyi

Pernah mendengar tentang camilan bernama Kacang Sembunyi? Makanan ini merupakan camilan khas Makassar yang unik. Ada kacang tanah yang disembunyikan di balik tepung sehingga tidak terlihat. Rasanya pun enak, manis dan gurih, sehingga membuat siapa saja akan merasa ketagihan ketika mencicipinya. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh.

2. Kacang Disco

Camilan Khas Makassar (via Makassar Guide)

Selain kacang sembunyi, Makassar juga memiliki camilan dengan nama yang unik, yakni Kacang Disko. Bukan berarti camilan ini bikin orang bergoyang saat mendengar lagu disco ya! Penasaran kan?

Kacang disco memiliki rasa yang gurih, renyah, dan manis, sehingga membuat lidah bergoyang. Camilan ini merupakan oleh-oleh andalan Kota Makassar lho. Kamu bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh dan menjadikannya buah tangan paling keren untuk orang tersayang.

3. Kue Kurma

Camilan Khas Makassar (via cookpad)

Mengonsumsi buah kurma saat Ramadan memang sudah biasa, kalau kue kurma kamu pernah coba nggak? Kue kurma merupakan salah satu camilan khas Makassar yang bahkan tidak mengandung buah kurma sama sekali. Lho kok bisa?

Kue ini terbuat dari mentega, telur, tepung terigu, maizena yang dibalut dengan karamel sehingga mirip dengan kurma. Balutan kacang tanah membuat kue ini terasa manis dan gurih, sehingga membuat siapa saja ketagihan. Cocok banget untuk jadi buah tangan saat kembali ke kota asal.

4. Bannang-Bannang

Camilan Khas Makassar (via Yoursay)

Pernah mendengar camilan Bannang-Bannang? Nama Bannang-Bannang ini diambil dari kata benang-benang. Kue ini berbahan dasar tepung beras dan gula merah, serta memiliki bentuk menyerupai benang kusut.

Maka dari itu, nggak salah kalau camilan ini disebut bannang-bannang. Biasanya kue ini disajikan saat ada acara lamaran atau pernikahan. Rasanya pun sangat unik sehingga wajib jadi salah satu oleh-oleh saat berkunjung ke Makassar.

Nah, itu tadi empat camilan khas Makassar yang cocok dijadikan buah tangan. Kalau kamu pernah ke Makassar nggak? Apakah ada rekomendasi oleh-oleh lain yang tak kalah menarik? Coba ceritakan pendapatmu, ya!

Camilan Khas Makassar (via Kabar Makassar)