Mengapa Budaya Korea Populer di Indonesia? Yuk, Kita Cari Tahu Jawabannya!

Mengapa budaya Korea Populer di Indonesia? Berikut ini jawabannya!

Mengapa budaya Korea populer di Indonesia? Pertanyaan itu sering dilontarkan anak yang lahir tahun 2000 ke atas. Wajar sih, soalnya mereka memang tak merasakan sejarah awal mulanya. Seperti yang kita tahu, gelombang budaya Korea atau Hallyu telah menjadi berkah bagi Korea, bisnis, budaya, dan citra negaranya. Sejak awal 1999, Hallyu telah menjadi salah satu fenomena budaya terbesar di Asia.

 

Efek Hallyu sangat luar biasa, menyumbang 0,2% dari PDB Korea pada tahun 2004, berjumlah sekitar USD 1,87 miliar. Baru-baru ini pada tahun 2019, Hallyu diperkirakan telah meningkatkan ekonomi Korea sebesar USD 12,3 miliar.

 

Selama dua dekade terakhir, Korea Selatan menjadi sangat kaya dan sangat futuristik. Pada tahun 1965, PDB per kapita Korea lebih kecil dari Ghana. Saat ini, Korea Selatan adalah ekonomi terbesar ke-12 di dunia.

# Asal usul Kepopuleran Budaya Korea di Indonesia dan Dunia

 

Asal-usul Hallyu dikaitkan dengan beberapa film dan drama TV yang dirilis pada tahun 1999. “Swiri”, sebuah film inspiratif tentang spionase Korea Utara/Korea Selatan yang dirilis pada tahun 1999, memberikan Hallyu wajah publik karena menjadi sangat sukses di negara-negara Asia Tenggara. Kemudian diikuti sebuah drama berjudul “Autumn in my heart” pada tahun 2000 yang menopang kegembiraan yang diciptakan oleh Swiri.

 

Lalu muncul film "My Sassy girl" pada tahun 2001 dan drama "Winter Sonata" pada tahun 2004. Semua ini menjadi sangat populer tidak hanya di Korea tetapi juga di Singapura, Jepang, Taiwan, Hong Kong, China, Vietnam, bahkan Indonesia. Kesuksesan produk hiburan ini menciptakan desas-desus yang luar biasa tentang meledaknya popularitas budaya Korea. Sumber media regional cukup cepat menangkap isyarat dan secara kolektif mengumumkan kelahiran Hallyu.

Ba

Meskipun ini adalah wajah publik Hallyu, asal-usul sebenarnya ternyata sangat jauh terjadi di masa lalu. Lima faktor utama yang memberikan kontribusi besar terhadap evolusi gelombang Korea adalah:

1. Pencabutan larangan perjalanan ke luar negeri untuk warga Korea lokal

 

Mungkin faktor terpenting yang akhirnya memberi jalan bagi Hallyu adalah keputusan Pemerintah Korea di awal 1990-an untuk mencabut larangan perjalanan ke luar negeri untuk warga Korea. Ini memberi jalan bagi sejumlah orang Korea untuk menjelajahi dunia barat, terutama AS dan Eropa.

 

Banyak yang menempuh pendidikan di negara-negara ini dan yang lain memulai karir mereka di perusahaan ternama di Eropa dan AS sebelum kembali ke Korea pada akhir 1990-an. Orang-orang Korea berpendidikan barat ini membawa serta perspektif baru dalam berbisnis, seluk-beluk dan interpretasi baru terhadap seni, sinema, dan musik, serta bentuk ekspresi yang inovatif. Ini melahirkan sekumpulan besar talenta segar, muda, dan berkualifikasi tinggi yang menunggu untuk menjajaki peluang di Korea.

 

Drama “Autumn in my heart” tahun 2000 (imdb.com)

2. Restrukturisasi chaebol Korea

 

Chaebol Korea adalah konglomerat yang sangat beragam yang beroperasi di setiap sektor ekonomi mulai dari pembuatan chip hingga pembuatan kapal. Krisis keuangan Asia memaksa chaebol ini untuk merestrukturisasi model bisnis mereka dengan mendivestasikan banyak unit bisnis mereka dan berkonsentrasi pada kompetensi inti mereka.

 

Hal ini pada gilirannya membuka pasar secara internal dan memberi pemain kecil lainnya peluang besar untuk menjelajah ke berbagai bisnis. Lebih banyak wirausahawan muncul dari krisis dengan berani karena adanya peluang. Korea menyadari bahwa itu bergantung pada chaebol – jika mereka gagal, negaranya akan gagal. Presiden Kim Dae-Jung mendorong teknologi informasi dan budaya populer sebagai dua pendorong utama untuk masa depan Korea. Teknologi akan menciptakan industri baru di atas manufaktur tradisional yang menjadi sandaran Korea sejak bangkit dari kemiskinan dan terindustrialisasi, dan budaya populer dapat menjadi produk ekspor penting yang bernilai miliaran dolar – sementara itu akan membantu mengubah citra Korea.

3. Peningkatan branding di bidang teknologi

Para Hallyu star (mb.com.ph)

 

Samsung adalah salah satu chaebol Korea yang paling menonjol, dan implikasi dari krisis 1997-98 melahirkan dorongan yang meningkat untuk internasionalisasi oleh perusahaan dan pemiliknya saat mereka mencari pertumbuhan baru di luar Korea. Samsung dan kebangkitannya sejak saat itu telah menjadi contoh yang menonjol tentang bagaimana perusahaan Korea mendapatkan keuntungan dari minat global terhadap apa itu Korea dan apa yang ditawarkan negara tersebut.

 

Beberapa chaebol besar Korea seperti Samsung dan LG telah memulai perjalanan branding mereka pada pertengahan 1990-an. Ada peningkatan penekanan pada kualitas, desain dan pemasaran dan branding dalam skala global. Keterampilan ini juga menular ke berbagai sektor ekonomi lainnya. Secara kolektif, ada dorongan yang meningkat untuk meningkatkan kualitas secara keseluruhan untuk menyediakan barang-barang unggulan ke pasar dunia.

 

Baca juga: Kisah Mantan Bos Samsung yang Dapat Hidayah jadi Mualaf

4. Larangan undang-undang sensor

 

Undang-undang sensor Korea melarang pembuat film dan artis lain menampilkan banyak topik yang dianggap kontroversial. Ini telah mengekang kemandirian kreatif mereka untuk waktu yang lama. Pada tahun 1996, mahkamah konstitusi Korea melarang penyensoran ini dan membuka rentetan topik untuk dijelajahi para seniman. Langkah ini memberikan peluang dan kemandirian yang sangat besar bagi generasi muda Korea yang bersemangat untuk mengekspresikan ide-ide yang lebih baru dan lebih berani melalui sinema dan musik. Banyak pembuat film berpengaruh bangkit selama periode ini.

5. Peningkatan fokus pada infrastruktur

 

Pemerintah Korea telah dan sedang menghabiskan dana yang signifikan untuk mengembangkan infrastruktur Internet berteknologi tinggi karena percaya bahwa setiap warga negara Korea akan mendapat manfaat dari terhubung ke dunia global. Selain itu, Korea adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang menginvestasikan dananya ke dalam start-up negara tersebut. Pada tahun 2012, dana pemerintah mencapai lebih dari 25 persen dari semua uang modal ventura yang disalurkan di Korea. Sepertiga dari semua modal ventura di Korea dihabiskan untuk industri hiburan.

 

 

Hallyu telah tumbuh secara konsisten dan eksponensial sejak tahun 1999, ketika ia muncul sebagai fenomena budaya utama. Namun pertumbuhan gelombang ini tidak sepenuhnya spontan dan tidak terencana. Lima faktor utama yang dibahas di atas membentuk lingkungan budaya Korea, yang menyebabkan lahirnya gelombang Korea baik di Indonesia maupun di dunia. Dengan cara yang sama, pertumbuhan dan popularitas gelombang ini yang berkelanjutan telah dikelola dengan baik oleh semua pemangku kepentingan utamanya.

 

Nah, sekarang jelas sudah kan mengapa budaya Korea populer di Indonesia? Semua diawali dari beberapa gebrakan yang dilakukan pemerintahnya di bidang ekonomi, teknologi, dan kebijakan lainnya. Wah, keren banget sih! Semoga Indonesia belajar dari negara Korea Selatan ya!

Kantor Samsung di Korea Selatan (blibli.com)