Baik untuk Perempuan, Ini 7 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Ternyata banyak sekali manfaat kunyit bagi kesehatan, terutama untuk perempuan. Apa saja? Yuk cari tahu di sini!

Tahukah kamu bahwa ternyata banyak sekali manfaat kunyit bagi kesehatan? Selain sebagai bumbu penyedap masakan, bahan alami yang mudah diperoleh ini, jika dikonsumsi secara teratur, ternyata membawa banyak kebaikan bagi tubuh. Apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi kunyit? Mari simak informasinya!

1. Mengobati Perut Kembung

anfaat kunyit bagi kesehatan yang pertama adalah mampu mengobati perut kembung. Kunyit dapat membantu otot pada pencernaan bergerak lebih lancar jika dikonsumsi teratur. Selain itu, kandungan kurkumin dalam kunyit mampu mengurangi kandungan gas dalam perut. Dengan meminum kunyit, pencernaan akan lancar sehingga dapat mengatasi perut kembung.

2. Meringankan Gangguan Menstruasi

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan (via SehatQ)

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit, terbukti dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Selain itu, kunyit juga dapat meredakan kram yang umum dialami perempuan selama menstruasi. Daripada minum obat kimia, penggunaan kunyit jauh lebih disarankan karena minim efek samping.

3. Membantu Meningkatkan Fungsi Imunitas Tubuh

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan (via Berita Satu)

Selain kurkumin, kunyit juga kaya akan antioksidan, antivirus, antiinflamasi, dan antibakteri. Karena itu jika dikonsumsi dengan rutin, kunyit dapat menjadi bahan alami yang membantu meningkatkan imunitas tubuh.

4. Baik untuk Pengidap Alzheimer

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan (via Siloam Hospitals)

Manfaat kunyit bagi tubuh lainnya adalah mampu mengurangi kemungkinan munculnya masalah neurodegeneratif. Manfaat antiradang dan antioksidan dalam kunyit dianggap mampu mengurangi terjadinya peradangan, kerusakan sel, dan endapan atau plak amiloid yang umum terjadi pada pengidap Alzheimer. 

5. Mengurangi Nyeri pada Penderita Osteoarthritis

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan (via Alodokter)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak kunyit dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri, karena kunyit memiliki efek yang sebanding dengan ibuprofen mengatasi osteoarthritis.

Osteoarthritis merupakan penyakit yang menyebabkan sendi menjadi kaku, nyeri dan kehilangan kelenturannya. Namun, untuk mengetahui dosis yang tepat saat mengonsumsinya, lebih baik konsultasikan dulu ke dokter.

6. Melindungi Organ Hati

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan (via Halodoc)

Manfaat kunyit bagi kesehatan berikutnya adalah dapat membantu melindungi dan menjaga kesehatan organ hati. Kunyit berpotensi membantu meningkatkan produksi cairan empedu pada pencernaan. Selain itu, kunyit juga dapat membantu melindungi sel pada organ hati dari risiko kerusakan akibat paparan senyawa kimia yang berkaitan dengan empedu. 

7. Menjaga Keseimbangan Hormon pada Wanita

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan (via Antara)

Bagi perempuan, meminum air rebusan kunyit dapat membantu menjaga keseimbangan hormon sehingga dapat mengurangi gejala pra-menstruasi yangs ering muncul. Selain itu, kunyit dapat berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Itulah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan. Mengonsumsi kunyit secara teratur, dapat menjadi salah satu alternatif bahan alami untuk menjaga kesehatan. Sudah siap bikin ramuan herbal dengan kunyit?

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan (via Liputan6)