Bukan Hanya Menyehatkan, Inilah Beragam Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit

Manfaat madu untuk kecantikan kulit memang telah terbukti dari zaman Mesir kuno sehingga masih banyak digunakan secara turun temurun.

Madu sudah digunakan oleh kaum perempuan sejak zaman Mesir Kuno. Hal ini karena manfaat madu untuk kecantikan telah terbukti sehingga digunakan secara turun-temurun hingga saat ini.

Madu memiliki nilai gizi yang tinggi. Terdapat mineral, polifenol, vitamin, asam amino, karotenoid, enzim, asam organik, dan senyawa lain sehingga madu memiliki manfaat bagi tubuh, juga bagi kecantikan kulit. Manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari madu, simak informasi berikut:

1. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Radikal Bebas

Madu bermanfaat untuk menangkal radikal bebas karena madu dikenal memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan bekerja dengan mengambil elektron, sehingga radikal bebas tidak mengakibatkan adanya kerusakan sel.

Karena itu, antioksidan dapat mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Untuk mendapatkan manfaat ini, gunakan madu sebagai masker wajah serta konsumsi madu secara teratur.

Manfaat Madu untuk Kecantikan (via Realfood)

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat madu selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Madu memiliki kandungan yang mampu melembapkan kulit, sehingga bila dioleskan di wajah akan menjaga kelembapan kulit sehingga kulitmu terhindar dari keriput dan munculnya penuaan dini.

Selain itu, madu juga dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang terbentuknya sel kulit baru. Caranya adalah dengan menggunakan madu sebagai masker wajah.

Manfaat Madu untuk Kecantikan (via Dream)

3. Mencerahkan dan Memutihkan Kulit Wajah

Madu memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit agar terlihat glowing. Manfaat ini dapat lebih efektif jika penggunaannya dikombinasikan dengan lemon. Gunakan kombinasi madu dan lemon sebagai masker wajah agar kulitmu cerah bercahaya.

Manfaat Madu untuk Kecantikan (via Tokopedia)

4. Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Manfaat madu yang lain adalah mampu menghilangkan bekas luka bakar. Memiliki bekas luka bakar tentunya akan mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya secara alami, kamu bisa mengoleskan madu secara rutin pada bekas luka. Lakukan secara teratur ya, karena bahan alami membutuhkan waktu bekerja lebih lama dari bahan kimia hingga terlihat hasilnya.

Manfaat Madu untuk Kecantikan (via Liputan6)

5. Mengatasi Jerawat

Memiliki wajah cerah namun berjerawat, pasti terasa mengganggu. Nah, madu memiliki manfaat untuk membantu mengatasi jerawat karena memiliki senyawa aktif yang bersifat antiradang dan antibakteri.

Kandungan ini dapat membantu membersihkan kotoran pada wajah sehingga pori-pori tidak tersumbat yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, menggunakan masker madu juga akan mengurangi peradangan pada jerawat.

5 manfaat madu untuk kecantikan di atas bisa kamu peroleh dengan menggunakan madu sebagai masker dan dikonsumsi secara rutin. Rasakan kecantikanmu terpancar dengan perawatan berbahan alami.

Manfaat Madu untuk Kecantikan (via Alodokter)