Biodiesel B20 Trobosan Baru Untuk Indonesia Maju, Wow!

Biodiesel B20 bikin indonesia katanya nih, baru ada satu-satunya di dunia, lho, kok bisa?

Indonesia kali ini menuai prestasi yang luar biasa lho! sampai-sampai membuat produsen otomotif dari Jepang terheran-heran gengs.

Pasalnya di negara lain hanya memiliki komposisi campuran nabati pada bahan bakar mereka cuma sampai B7 saja.

Tentunya hal ini membuat Direktur Industri Maritim Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementrian Perindustrian (Kemenperin), Putu Juli Ardika angkat bicara, dikatakan beliau bahwa Indonesia bisa menjadi Trensetter dalam pemanfaatan Biodiesel dunia.

Beliau menegaskan bahwa, saat ia perkgi ke Jepang, produsen disana sempat kaget akan adanya Biodiesel 20. Sebenarnya sih sempat pesimis saat melakukan uji tes kelayakan, namun akhirnya hasilnya dinyatakan aman.

Kenapa indonesia bisa punya B20? Semua itu dikarenakan karena kita memiliki minyak sawit (Crude Palm Oil atau CPO) yang melimpah, sehingga harus dimanfaatkan deh, menurut pendapat Beliau di acara Diskusi Pintar Forum Wartawan Otomotif Indonesia.

Jadi intinya, B20 itu adalah jenis bahan bakar diesel yang terdiri dari campuran solar (cetane number-48) dengan biodiesel atau kelapa sawit 20 sesuai SK Dirjen Migas Nomor 27 pada tahun 2016.

Kabarnya gengs, Negara kita merupakan negara pertama yang sudah memanfaatkan B20 secara luas. Bahan bakar Biodiesel B20 saat ini sudah mulai dikonsumsi oleh kendaraan komersial dan juga Kereta api.

Biodiesel B20 (Tribunnews.com)

Hasil Uji Mesin

Kini Indonesia dikabarkan menggandeng perusahaan Isuzu untuk melakukan uji coba bahan B20 pada mesin. 

Setelah melakukan proses uji yang sedemikian rupa, bahan bakar ini tidak punya masalah yang signifikan dan layak uji.

Cocok untuk mesin (cnnindonesia.com)

Kendala

Sebenarnya masih ada beberapa kendala sih untuk si Biodiesel B20 ini, komponennya dikabarkan menurun 2,5% namun hal itu tak terlalu signifikan, karena hanya bisa dirasakan oleh pengemudi yang sensitif aja.

B20 dikatakan memiliki sifat deterjen yang bakal menguras kotoran terendap sebelumnya di tangki bahan bakar. Jadi mengakibatkan mesin bekerja lebih keras dalam menyaring kotoran hingga membuat proses ganti lebih cepat.

Tapi jangan khawatir gaes, saat ini fihak Isuzu Indonesia siap mendukung dan mengembangkan bahan bakar tersebut.

Wah, Indonesia gak nyangka banget, dengan adanya Biodiesel B20 akan mempermurah harga bahan bakar, dan semoga laju transportasi di negara kita kedepan makin baik lagi dan terjangkau.

Kendala tak terlalu signifikan (katadata.co.id)