Perlu Waspada! Inilah Tanda Pasangan Berbohong yang Bisa Kamu Ketahui

Kamu wajib mengetahui tanda pasangan berbohong agar bisa mengetahui lebih awal dan bisa mencari cara menyelesaikan yang tepat tanpa menambah masalah baru.

 

Keterbukaan dan kejujuran adalah kunci hubungan yang sehat. Namun bagaimana bila ternyata pasanganmu berbohong? Sebenarnya kamu bisa melihat tanda jika pasanganmu sedang berbohong. Seseorang yang berusaha menutupi sesuatu pasti terlihat dari caranya bicara atau gesture tubuhnya yang berbeda dari biasanya.

Dengan mengetahui tanda-tanda ini, kamu bisa mengetahui lebih awal dan mencari penyelesaian yang tepat dengan pasangan. Lalu, apa saja tanda pasangan berbohong? Berikut informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Menghindari Kontak Mata

Salah satu tanda seseorang sedang berbohong yang pertama adalah menghindari kontak mata. Seseorang yang berbohong akan merasa tidak nyaman sehingga menghindari kontak mata dengan lawan bicaranya karena takut akan ketahuan. Dia akan melihat ke sembarang arah, melihat jam atau mencari alasan untuk segera menyudahi pembicaraan.

Tanda Pasangan Berbohong (via Alodokter)

2. Kata-kata yang Ambigu

Dalam buku The Black Book of Lie Detector, seseorang yang berbohong cenderung menggunakan kata-kata yang ambigu seperti kata ‘mungkin’. Kata itu jelas mengandung ketidakpastian yang tinggi. Seseorang yang berbohong cenderung mengaburkan fakta tertentu, sehingga menggunakan kata-kata yang tidak pasti untuk menjelaskan.

Tanda Pasangan Berbohong (via Lifestyle Okezone)

3. Terlihat Gelisah

Seseorang yang berbohong akan takut kebohongannya terungkap. Ketika takut ketahuan, seseorang akan terlihat gelisah. Kegelisahan tersebut biasanya ditunjukkan dengan gerakan kepala saat berbicara, menggigit bibir, atau mengetuk kaki berulang kali.

Tanda Pasangan Berbohong (via Parapuan)

4. Banyak Alasan

Tanda seseorang sedang berbohong lainnya adalah mencari banyak alasan untuk mengalihkan topik pembicaraan. Untuk menghindari pembicaraan, mereka akan berkelit dan memberi banyak alasan yang tidak masuk akal saat menjawab pertanyaan yang menjurus pada kebohongannya.

Tanda Pasangan Berbohong (via UrbanAsia)

5. Perubahan Suara dan Ekspresi

Banyak ahli berpendapat jika seseorang yang sedang berbohong akan terlihat dari perubahan intonasi suara. Selain itu ada perubahan ekspresi yang bisa terbaca tidak seperi biasanya. Apalagi jika ekspresi, intonasi dan gesture tubuh yang tidak selaras. Misalnya saja jawaban iya namun disertai gerakan tubuh yang menggeleng. Nah, kamu perlu gali lebih dalam jika menemukan kasus seperti ini.

Tanda Pasangan Berbohong (via Sonora)

6. Memutarbalikkan Pertanyaan

Tanda lain jika pasanganmu berbohong adalah dengan memutarbalikkan pertanyaan. Sebenarnya ini adalah cara lain untuk menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa dijawab.

Misalnya saja jika kamu bertanya di pergi kemana selepas jam kerja, dia akan membalikkan pertanyaan tersebut dengan bertanya kemana saja kamu pergi seharian. Hal itu terus berulang hingga kamu menyudahi pembicaraanmu dengan pasangan.

Itulah 6 tanda pasangan berbohong yang wajib kamu ketahui. Namun perlu diingat jika tanda di atas hanyalah petunjuk, bukan  metode pasti yang menunjukkan kebohongan pasangan. Karena itu jika kamu mencurigai adanya kebohongan dalam hubungan, segera bicarakan baik-baik dan cari solusi bersama.

Tanda Pasangan Berbohong (via Yoursay)