7 Makanan Ini Jadi Ilegal Di Negara Lain Padahal Favorit Di Indonesia, Nomor 4 Sampai Harus Bayar Denda Loh!

7 Makanan yang menjadi ilegal di negara lain padahal disukai di Indonesia, mulai dari durian sampai permen karet.

Ada berbagai makanan di Indonesia yang menjadi favorit dan begitu digemari masyarakat. Akan tetapi, beberapa makanan diantaranya justru dinilai sebagai makanan yang ilegal dan dilarang peredarannya di negara-negara lain. Pelarangan ini dipicu berbagai alasan, mulai dari masalah kesehatan, masalah persaingan bisnis hingga kebersihan lingkungan.

Pelarangan ini dianggap sebagai peningkatan kepedulian pemerintah beberapa negara terhadap kaitannya antara makanan yang dikonsumsi dengan kondisi lingkungan dan perlakuan kepada satwa. Sehingga negara-negara itu melarang sejumlah makanan. Apa saja makanan yang jadi favorit di Indonesia tapi dilarang di negara lain? Scroll yuk buat penjelasannya!

1. Durian

Di Indonesia, durian termasuk buah yang mewah. Sebab, harga jual durian terbilang tinggi. Tapi tidak demikian di Singapura. Buah durian justru sangat dibatasi peredaran atau pengonsumsiannya. Singapura bahkan punya aturan yang melarang mengonsumsi atau membawa durian di tempat umum termasuk dalam transportasi umum.

Durian (Kompas)

2. Kebab

Kebab begitu menjamur di Indonesia. Hampir setiap daerah ada pedagang makanan asal Turki tersebut. Namun tidak begitu dengan di Venesia, Italia. Makanan tradisional dari negara lain seperti kebab dinilai bisa menyaingi aroma makanan tradisional mereka. 

Sehingga, Venesia sangat membatasi izin peredaran pada makanan-makanan yang tak seirama dengan hidangan asli milik mereka. Hal ini lantaran mereka takut, makanan tersebut tak sejalan dengan warisan budaya asli Venesia.

Kebab (Dapur KOBE)

3. Saus Tomat

Di Indonesia, saus tomat banyak dipakai untuk pelengkap makanan. Namun ternyata, lingkungan sekolah di negara Perancis sangat melarang peredaran saus tomat. Pada tahun 2011, pemerintah Perancis mengeluarkan rambu-rambu nutrisi baru untuk kalangan pelajar.

Salah satunya adalah pelarangan penggunaan saus tomat untuk berbagai macam sajian. Meski begitu, saus tomat masih boleh dikonsumsi di luar lingkungan sekolah. Hanya saja, saus tomat cuma boleh dihidangkan bersama kentang goreng, untuk menghormati kuliner tradisional Perancis.

Saus Tomat (CNN Indonesia)

4. Permen Karet

Makanan lainnya yang jadi favorit di Indonesia namun ilegal di negara lain adalah permen karet. Singapura jadi negara yang melarang peredaran permen karet. Pelarangan ini sudah dilakukan sejak tahun 1992 dengan mencakup pelarangan membuang sampah permen karet di sembarang tempat karena bisa merusak kebersihan lingkungan. 

Tidak main-main, Singapura bahkan memberlakukan denda sekitar 2.000 SGD atau sekitar Rp21 juta, buat kamu yang tertangkap memakan permen karet di tempat umum. Jadi hati-hati ya guys! Biar aman jangan bawa permen karet saat berlibur ke Singapura.

Permen Karet (Alodokter)

5. Permen Jelly

Permen yang sering disebut gummy bear ini sangat disukai anak-anak di Indonesia. Rasanya yang manis, membuat banyak anak begitu menikmatinya. Tapi siapa sangka, permen jelly ini dilarang di sejumlah negara antara lain di Uni Eropa dan Inggris.

Bukan tanpa alasan, permen jelly ini dilarang karena dibuat dari bahan penebal yang bernama konjac atau konyaku yang bisa menimbulkan bahaya bagi anak-anak. Di Eropa, makanan warna-warni ini dianggap berbahaya karena bisa menimbulkan bahaya tersedak terutama bila dikonsumsi anak-anak. 

Permen Jelly (Kompas)

6. Susu Segar

Tak sedikit orang yang lebih suka susu sapi segar tanpa proses pasteurisasi. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Akan tetapi di sejumlah negara seperti Kanada, Skotlandia, Australia, dan Amerika, mengonsumsi susu segar pasteurisasi termasuk dalam kategori ilegal.

Hal ini karena pemerintah menganggap bila susu mentah masih mengandung bakteri patogen yang tidak baik dikonsumsi oleh tubuh. Bertolak belakang dengan negara-negara tersebut, di Inggris, Asia, dan New Zealand malah beranggapan kalau susu sapi segar baik untuk tubuh.

Susu Segar (Alodokter)

7. Foie Gras

Di Indonesia, foie gras yang merupakan makanan khas Prancis yang terbuat dari hati angsa atau bebek diperbolehkan beredar. Banyak restoran mewah yang menyediakan menu dengan bahan dasar foie gras tersebut. 

Akan tetapi, California, Italia, India, Denmark, Finlandia, Norwegia, Polandia, Israel, serta Jerman justru melarang makanan ini karena hewan ternak diperlakukan secara nggak wajar untuk mendapatkan foie gras.

Foie Gras (SehatQ)