6 Cara Efektif Menghindari Gaya Hidup Konsumtif, Perempuan Wajib Baca!

Menghindari gaya hidup konsumtif dapat membantumu menata keuangan dengan baik di masa depan. Bagaimana caranya, yuk simak ulasan berikut ini!

Menghindari gaya hidup konsumtif dapat membantumu menata keungan dengan baik di masa depan. Bagaimana tidak, dengan menghindari gaya hidup konsumtif, kamu bisa menempatkan plot-plot dana di tempat yang benar, bukan semata untuk keinginan yang sangat mudah berubah.

Meski demikian, memang tidak mudah melakukannya, apalagi di tengah gempuran metode payment saat ini. Penggunaan kartu kredit, paylater, hingga pembayaran dengan scan barcode adalah godaan yang berat untuk para perempuan yang hasrat belanjanya mudah meledak-ledak.

Karenanya, kamu harus memiliki trik agar tidak terjebak dalam gaya hidup konsumtif. Berikut ini adalah cara efektif yang bisa kamu lakukan:

1. Buat Rencana Keuangan

Trik yang pertama adalah dengan membuat rencana keuangan. Saat kamu menerima gaji bulanan, jangan langsung digunakan. Kamu perlu menyusun rencana keuangan bulanan. Catat pengeluaran apa saja yang mungkin akan terjadi termasuk kebutuhan yang perlu dipenuhi bulan ini.

Nah, tidak berhenti disitu saja, kamu juga perlu mencatat setiap pengeluaran yang telah dilakukan. Supaya mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi pencatatan keuangan. Dengan begini, saat akhir bulan kamu bisa memetakan mana pengeluaran yang sebenarnya masih bisa dipangkas untuk efisiensi keuangan bulan berikutnya.

Cara Menghindari Gaya Hidup Konsumtif (via Lifepal)

2. Buat Anggaran Belanja

Anggaran belanja merupakan salah satu cara untuk mengatur pengeluaran. Membuat anggaran belanja pada dasarnya sama dengan membuat rencana keungan, namun dengan lebih terperinci. Setiap pengeluaran harus diatur dalam pos-pos yang jelas, seperti pos biaya pulsa, biaya wifi, kebutuhan bulanan, tabungan, dan lain sebagainya.

Dengan cara ini, kamu bisa menentukan target pengeluaran dan bisa mengatakan tidak pada keinginan diluar anggaran belanja yang sudah kamu buat. Ingat, jika sudah dibuat, kamu harus berkomitmen untuk menepatinya dengan cara apapun.

Cara Menghindari Gaya Hidup Konsumtif (via Emiten News)

3. Memprioritaskan Kebutuhan

Jika kamu ingin menghindari perilaku konsumtif, mulailah untuk memprioritaskan kebutuhan. Namun salah satu kunci keberhasilan mengelola keuangan adalah tetap realistis. Kamu masih bisa memenuhi keinginanmu jika kebutuhanmu telah terpenuhi.

Agar keinginanmu mendapat bagian dalam perencanaan keuangan, kamu juga perlu membuat plot seperti dana untuk jajan di anggaran belanjamu. Ingat, gunakan uang untuk jajan hanya jika ada sisa dana, ya!

Cara Menghindari Gaya Hidup Konsumtif (via Rumah)

4. Cermat dalam Membeli Barang

Cara lain untuk menghindari gaya hidup konsumtif adalah dengan membeli barang sesuai fungsinya. Jika ada barang dengan nilai lebih rendah namun memiliki fungsi yang sama, kenapa harus melirik yang berharga jutaan, kan?

Cara Menghindari Gaya Hidup Konsumtif (via Detik)

5. Menabung

Cara untuk menghindari gaya hidup konsumtif selanjutnya adalah menabung. Masukkan tabungan dalam rencana anggaran dan keluarkan porsinya sebelum kamu membelanjakan uangmu untuk memenuhi kebutuhan.

Menabung tidak perlu banyak, sisihkan beberapa persen sesuai anggaran belanja yang kamu buat. Sedikit demi sedikit tabungan yang kamu kumpulkan bisa menjadi dana cadangan saat benar-benar membutuhkan.

Cara Menghindari Gaya Hidup Konsumtif (via Detik)

6. Hindari Pemakaian Kartu Kredit dan Paylater

Menggunakan kartu kredit atau paylater memberikan banyak kemudahan dalam membeli sesuatu. Namun jika tidak berhati-hati, keduanya dapat membuatmu berperilaku konsumtif. Transaksi menggunakan kartu kredit terasa begitu mudah, hanya tinggal gesek, di akhir barulah tersadar bahwa tagihan dan pengeluaran yang kamu buat ternyata bukan merupakan kebutuhan yang telah kamu anggarkan.

Begitupun saat menggunakan paylater. Jadi, kamu harus memiliki komitmen dan kontrol diri yang kuat jika menggunakan kartu kredit. Jika tidak, sebaiknya hindari pemakaian kartu kredit dan paylater.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari gaya hidup yang konsumtif. Walaupun terlihat berat, namun kamu akan bisa melakukannya dengan baik jika memiliki tekad yang kuat. Dan satu hal yang paling penting adalah komitmen dalam penerapannya.

Cara Menghindari Gaya Hidup Konsumtif (via Lifepal)