Catat Baik-Baik! Ini 7 Negara Paling Berbahaya untuk Berkendara

Ada beberapa negara paling berbahaya untuk berkendara yang mengharuskan siapapun ekstra hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan. Di mana saja?

Tahukah kamu bahwa ada beberapa negara paling berbahaya untuk berkendara? Ada beberapa kawasan di dunia ini yang memiliki tingkat kematian cukup tinggi saat berkendara karena berbagai alasan. Wah, terdengar mengerikan ya?

Faktanya, berhati-hati saat berkendara sudah menjadi syarat wajib para pengguna jalan, terlebih jika menggunakan kendaraan pribadi di jalanan umum. Sikap waspada harus kamu tingkatkan lagi jika melintasi negara-negara berikut ini .

Di beberapa negara yang masuk dalam daftar tidak aman untuk menggunakan kendaraan darat ini kamu harus ekstra hati-hati, sebab di negara-negara ini banyak pengendara yang tewas di jalan raya.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya ada lima negara yang masuk dalam daftar negara paling berbahaya untuk berkendara. Penilaian ini berdasarkan pada angka kecelakaan per 100.000 penduduk dan kematian akibat kecelakaan lalu lintas.

Lantas, negara mana saja kah yang termasuk dalam negara paling berbahaya untuk berkendara? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar beserta tingkat kematian yang terjadi:

1. Republik Dominika – 64,6 (per 100.000 penduduk)

2. Arab Saudi – 35,9 (per 100.000 penduduk)

3. Thailand – 32,2 (per 100.000 penduduk)

4. Vietnam – 30,6 (per 100.000 penduduk)

5. Malaysia – 22,5 (per 100.000 penduduk)

6. Iran – 21.5 (per 100.000 penduduk)

7. Afrika Selatan – 22.2 (per 100.000 penduduk)

Negara Paling Berbahaya untuk Berkendara (via Kumparan)

Dari daftar tersebut, terlihat bahwa angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Negara Republik Dominika adalah yang tertinggi. Di negara ini, rata-rata kematian akibat lalu lintas mencapai 3.000 orang per tahun nya. Angka ini lebih tinggi dibanding Zimbabwe, Liberia, dan Venezulea.

Karena itu, WHO menyebutkan negara Republik Dominika sebagai negara terburuk untuk berkendara. Tingkat kecelakaan benar-benar sangat tinggi, bahkan hampir dua kali lipat lebih tinggi dari Arab Saudi yang berada di posisi kedua.

Negara Paling Berbahaya untuk Berkendara (via Depositphotos)

Sementara itu, selain Arab Saudi, negara-negara lain yang tingkat bahaya berkendaranya juga patut diwasapadai adalah Thailand, Vietnam, dan Afrika Selatan. Di negara-negara tersebut tingkat kematian akibat kecelakaan lalu lintas rata-rata sekitar 22,2 per 100.000 penduduk.

Meski Indonesia tidak termasuk ke dalam daftar tujuh negara paling berbahaya untuk berkendara, namun menurut data WHO Indonesia masih termasuk sebagai negara dengan kematian lalu lintas yang cukup tinggi, yakni sekitar 12,2 kemarin per 100.000 penduduk setiap tahunnya. Karena itu, jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam berkendara. Safety riding itu nomor satu.

Negara Paling Berbahaya untuk Berkendara (via Otomotif)