Catat! Ini 4 Sikap yang Harus Dihindari Saat Mendengar Teman Curhat

Kamu mesti ingat bahwa ada beberapa sikap yang harus dihindari saat mendengar teman curhat. Apa saja?

Menjadi tempat curhat memang gampang-gampang susah, karena ada orang yang hanya ingin didengar tanpa dinasehati, dan ada juga sebaliknya. Karena itu, kalau ada teman yang sedang curhat, kamu mesti ingat bahwa ada beberapa sikap yang harus dihindari saat mendengar teman curhat.

Mungkin bagi beberapa sikap ini harusnya dilakukan agar sesi curhat bisa lebih mendalam dan bisa menemukan jalan keluarnya. Tapi sayangnya, tidak semua orang diperlakukan seperti ini. Lantas, sikap apa saja yang harusnya dihindari saat teman curhat? Berikut ini daftarnya.

1. Menyela Pembicaraan

Siapa sih yang suka ketika tengah bercerita kemudian disela begitu saja. Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan ya. Meski niat awalnya hanya untuk memperjelas cerita, namun menyela pembicaraan tetaplah tidak sopan. Lebih baik dengarkan dulu temanmu bercerita hingga selesai, kemudian baru bertanya kejelasannya. Dengan begitu dia akan merasa lebih dihargai.

Sikap yang Harus Dihindari Saat Mendengar Teman Curhat (via Berkeluarga)

2. Memberi Saran yang Memaksa

Tidak semua orang yang curhat suka diberi saran. Karena itu, ketika mendengarkan curhat, lebih baik berikan saran sewajarnya dan tidak memaksa. Biarkan mereka yang memutuskan mau menggunakan saran yang kamu beri atau tidak.

Sikap yang Harus Dihindari Saat Mendengar Teman Curhat (via Surya)

3. Menganggap Remeh Masalah Orang

Ingat ya, setiap orang memiliki masalah berbeda dengan kemampuan menghadapi yang berbeda-beda juga. Jadi jangan pernah meremehkan masalah orang lain. Karena sebuah masalah yang menurutmu sepele, bisa jadi terasa berat bagi orang lain.

Sikap yang Harus Dihindari Saat Mendengar Teman Curhat (via Detik)

4. Fokus Pada Hal Lain

Ketika temanmu curhat, sebaiknya fokus pada dia dan hal yang dia ceritakan. Jangan pernah tiba-tiba kamu mengalihkan perhatian pada hal lain, seperti ponsel, tv, dan lainnya. Karena ketika kamu lebih fokus pada hal lain daripada temanmu, maka temanmu akan merasa tidak dihargai.

Nah, itu tadi empat sikap yang harus dihindari ketika mendengar teman curhat. Harap diingat baik-baik ya jangan sampai orang yang sudah terlanjur mempercayakan kisahnya padamu malah merasa tidak dihargai.

Sikap yang Harus Dihindari Saat Mendengar Teman Curhat (via Kumparan)