Mengintip Kegiatan Perkemahan SDIT AS SAADAH Jakarta Timur, Serunya Belajar Sambil Bermain!

Kegiatan Perkemahan Kemnas V Tahun 2023 baru saja digelar oleh SDIT AS SAADAH Jakarta Timur baru-baru ini. Seperti apa serunya?

Kegiatan Perkemahan  Kemnas V Tahun 2023 baru saja digelar oleh SDIT AS SAADAH Jakarta Timur baru-baru ini. Dengan konsep belajar sambil bermain, kegiatan ini dimaksudkan untuk memaksimalkan proses pendidikan dengan aktivitas yang menyenangkan. Wah, sepertinya menyenangkan!

Kegiatan perkemahan sendiri selama ini memang menjadi salah satu agenda dalam Pramuka. Rangkaian kegiatan seperti membuat api unggun, membangun tenda, memasak di alam, dan lain-lain adalah hal-hal umum yang dilakukan para peserta kemah. Semua aktivitas dilakukan secara bahu-membahu untuk menanamkan sikap gotong royong sejak dini.

Perkemahan sendiri sebenarnya bukan aktivitas khusus peserta pramuka, melainkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun dalam konteks kepramukaan, kegiatan ini menjadi salah satu media belajar utama untuk menanamkan skill bertahan hidup, rasa tanggung jawab, mental yang kuat, dan sikap kebersamaan.

Konsep itulah yang mendasari SDIT AS SAADAH - Kalisari Jakarta Timur untuk ikut serta dalam perkemahan Kemah Nasional V 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur yang di mulai dari tanggal 15-18 Februari 2023. Dengan 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan sebagai perwakilan, sekolah Islam terpadu ini menjadi bagian dari seluruh kegiatan yang digelar.

Kegiatan Perkemahan SDIT AS SAADAH Jakarta Timur (via Press Release)

Selama proses kegiatan di Bumi Perkemahan Cibubur, kontingen dari SDIT AS SAADAH menjalani pelatihan dan mendapat panduan tentang berbagai kegiatan. Mereka belajar tentang ketangkasan, kemampuan dasar bertahan hidup, hingga kegiatan api unggun yang masih sering dilakukan oleh generasi penerusnya sampai saat ini. 

Meski demikian, mengingat kegiatan ini akan menyita tenaga, kondisi fisik yang prima sangat diperlukan oleh para peserta dan pendamping. Karenanya, dilakukan pemeriksaan fisik secara berkala untuk memastikan bahwa semua peserta dalam kondisi baik. Selain itu, pemeriksaan secara periodik akan membantu mempermudah penanganan jika terjadi masalah pada para peserta. 

KegiatanPerkemahan SDIT AS SAADAH Jakarta Timur (via Press Release)

Pembentukan karakter juga berlanjut hingga kegiatan usai. Para peserta diminta memastikan bahwa tidak ada kotoran atau sampah yang tertinggal agar tidak mencemari lingkungan sekitar. Jangan lupa periksa selalu jumlah peserta, agar tidak ada yang tertinggal ketika kembali ke pangkalan.

Dengan demikian, kegiatan perkemahan sebagai media pendidikan kepramukaan dapat menjadi kunci utama pembentukan karakter. Selain melatih ketangkasan, kegiatan perkemahan juga membentuk sikap dan perilaku yang dituangkan selama kegiatan perkemahan berlangsung.

Materi yang dibalut dengan permainan, akan membuat Pramuka tidak jenuh dan bosan ketika belajar. Sebaliknya, mereka akan menjadi proaktif dan antusias ketika mengikuti proses kegiatan perkemahan. Siapkan ransel dan jangan lupa untuk selalu siap sedia, “BERANI, JUJUR, KREATIF, MANDIRI”

KegiatanPerkemahan SDIT AS SAADAH Jakarta Timur (via Press Release)