Agar Kuliah Lancar, Ini 5 Sifat yang Harus Dimiliki Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru memang bukan hal mudah. Bagaimana sih caranya agar proses kuliah lancar, yuk simak tips berikut ini!

Menjadi mahasiswa baru memang bukan hal mudah. Banyak adaptasi yang harus dilakukan. Ada beberapa sifat yang harus dimiliki mahasiswa baru agar proses transisi dari siswa jadi mahasiswa berjalan mulus. Apa saja? Berikut adalah beberapa karakter yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa baru.

1. Mampu Mengatur Waktu

Sebagai mahasiswa, kamu harus mampu mengatur waktu. Model belajar di perguruan tinggi tentu sangat berbeda dengan di bangku SMA. Di perguruan tinggi, kamu bebas memilih banyaknya SKS yang bisa kamu ambil. Han ini berpengaruh pada banyaknya tugas yang akan kamu kerjakan. Karena itu, penting sekali untuk bisa mengatur waktu antara kehidupan kuliah, kehidupan sosial, dan juga bersama dengan keluarga.

Sifat yang Harus Dimiliki Mahasiswa Baru (via Solopos)

2. Aktif dan Terbuka

Jika ingin menjalani masa transisi menjadi mahasiswa dengan lancar, kamu harus mampu aktif mencari berbagai informasi yang dibutuhkan. Dengan lingkungan dan sistem belajar yang berbeda dari zaman sekolah, maka kamu harus terbuka menerima beragam informasi baru yang mungkin asing bagimu. Cermati hal-hal yang penting dan tanyakan apa saja yang tidak kamu pahami.

Sifat yang Harus Dimiliki Mahasiswa Baru (via Universitas YARSI)

3. Berpikir Kritis

Menjadi mahasiswa, berarti kamu harus mampu berpikir kritis dan menggunakan nalar. Di dalam dunia perkuliahan, akan banyak hal baru yang kamu alami. Kamu juga akan menemukan banyak perbedaan yang selama ini tidak kamu jumpai. Selain itu kamu juga akan menemukan banyak tantangan baru. Tapi hal itu tidak akan menjadi masalah jika kamu mencari tau apa penyebabnya dan mencari solusi segala tantangan tersebut.

Sifat yang Harus Dimiliki Mahasiswa Baru (via Dunia Dosen)

4. Mudah Beradaptasi

Ketika kamu menjalani kehidupan di dalam kampus, kamu akan menjumpai banyak orang dengan latar belakang yang berbeda, karena itu penting sekali memiliki sikap mudah beradaptasi. Dalam lingkungan yang baru, kamu dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan peraturan kampus, karakter orang yang beragam, bahkan mungkin tempat tinggal baru. Dengan mampu beradaptasi dengan baik, kamu tidak akan mengalami banyak masalah nantinya.

Sifat yang Harus Dimiliki Mahasiswa Baru (via Kaldera News)

5. Bertanggung Jawab

Sebagai mahasiswa, kamu harus memiliki sikap bertanggung jawab bukan hanya pada diri sendiri namun juga pada komitmen pembelajaran yang sedang kamu lakukan. Dengan bertanggung jawab, akan sangat membantumu untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu walaupun ada banyak godaan di dunia perkuliahan.

Menjalani fase kehidupan sebagai mahasiswa baru pasti menantang dan tak terlupakan. Memiliki sifat di atas sebagai mahasiswa baru tentunya dapat membantumu menjalani kehidupan perkuliahan dengan sangat baik.

Sifat yang Harus Dimiliki Mahasiswa Baru (via Detik)