Tips Liburan Bersama Bayi, Bikin Perjalanan Menyenangkan Tanpa Repot!

Sedang mencari tips liburan bersama bayi? Untuk yang sedang merencanakan jalan-jalan dengan buah hati, yuk baca ulasan ini dulu!

Bagaimana tips liburan bersama bayi yang aman dan tanpa repot? Faktanya, melakukan perjalanan bersama si kecil kadang memang problematik. Selain harus memperhatikan kondisi bayi, kamu juga harus paham apa saja yang harus dilakukan agar liburan yang direncanakan tidak berakhir dengan kekecewaan.

Beberapa orang memang memilih menunda perjalanan hingga si kecil sudah cukup besar. Tapi bagaimana jika travelingmu cukup mendesak sehingga tidak bisa ditunda lain waktu? Agar semuanya tetap lancar dan baik-baik saja, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Memilih Jam Perjalanan yang Tepat

Seseorang memilih waktu keberangkatan dan kepulangan karena banyak faktor. Namun jika kamu berencana melakukan perjalanan dengan anak bayi, maka pastikan kamu tidak mengganggu jam tidurnya.

Pasalnya, akan ada banyak masalah jika jam perjalananmu bentrok dengan waktu istirahatnya. Si kecil yang mengantuk dalam perjalanan akan lebih mudah rewel dan membuat perjalanan jadi kurang menyenangkan. Selain itu, hal ini juga bisa membuatnya mudah sakit sehingga kamu malah makin kerepotan.

Tips Liburan Bersama Bayi (via Klub Wanita)

2. Sediakan Makanan dan Mainan

Saat melakukan perjalanan, kenyamanan bayi memang jadi prioritas utama. Pastikan kamu membawa makanan yang cukup agar dia tidak kelaparan dan berujung rewel. Jika dia masih minum susu, kamu bisa membawa cooler sederhana yang saat ini banyak dijual di berbagai toko perlengkapan bayi. 

Selain asupan yang memadai, kamu juga harus menyediakan mainan kesukaan si kecil agar dia tidak merasa bosan dalam perjalanan. Memang agak repot karena lebih banyak barang yang dibawa, namun cara ini akan membuatnya lebih tenang sepanjang perjalanan.

Tips Liburan Bersama Bayi (via Wisata)

3. Pilih Perlengkapan yang Portable

Sekali lagi, sangat penting membuat si kecil tetap nyaman dengan perlengkapan yang memadai. Untungnya, saat ini sudah banyak peralatan portable yang bisa memudahkanmu selama dalam perjalanan. Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa masukkan dalam daftar bawaan:

·         Car seat (terutama jika melakukan perjalanan dengan mobil). Benda ini akan membuat si kecil duduk dengan nyaman dana man dari goncangan.

·         Stroller portable yang mudah dilipat sesuai ukuran kabin atau bagasi.

·         Nursing cover untuk menutupi tubuh ibu saat menyusui.

·         Changing pad sebagai alas ganti popok dengan ukuran kecil.

·         Termos untuk membuat susu atau makanan.

·         Cooler bag untuk menyimpan susu atau ASI.

·         Sterilizer portable.

·         Pilih pakaian yang bisa melindungi dari angina namun tidak membuatnya gerah.

·         Diaper bag dengan banyak sekat.

·         Peralatan makan

·         Popok

Selain daftar di atas, kamu bisa menyesuaikan barang apa saja yang bisa penting untuk si kecil selama perjalanan. Pilih tas yang memiliki banyak sekat penyimpanan agar kamu bisa mengorganisir benda-benda dengan mudah. Selain itu, agar perjalanan lebih mudah, kamu bisa sering-sering browsing produk anak yang ramah perjalanan.

Tips Liburan Bersama Bayi (via Dewa Motor Bali Rental)

4. Hiburan Visual untuk Anak

Walaupun sudah disediakan mainan, namun si kecil kadang merasa bosan, lelah, dan enggan bermain. Kalau sudah begini, hiburan visual biasanya cukup ampuh membuatnya lebih tenang. Kamu bisa memutar film kartun, tayangan anak, dan hiburan lain yang bisa menarik perhatiannya.

Tips Liburan Bersama Bayi (via Klik Dokter)

5. Jangan Abaikan Kebersihan

Bayi memiliki daya tahan tubuh yang belum sempurna sehingga mudah terserang penyakit akibat angin, debu, dan kotoran. Karenanya, selain memastikan kebutuhannya terpenuhi, kamu juga harus tetap mengutamakan kebersihan. Pastikan makanan dan minuman tetap bersih, begitu juga perlengkapan lainnya. Jangan lupa membawa tisu basah antiseptic dan hand sanitizer untuk meminimalisir kuman.

Nah, itulah beberapa tips liburan bersama bayi yang bisa kamu praktekkan saat melakukan perjalanan bersama si kecil. Bepergian dengan balita memang kadang susah-susah gampang, namun semua masalah bisa diminimalisir jika kamu melakukan persiapan yang tepat. Selamat berlibur!

Tips Liburan Bersama Bayi (via Finansialku)