Termasuk Indonesia, Ini 5 Negara dengan Jumlah Janda Terbanyak

Tahukah kamu bahwa ada beberapa negara dengan jumlah janda terbanyak? Yuk intip ulasan lengkapnya!

Tahukah kamu bahwa ada beberapa negara dengan jumlah janda terbanyak? Faktanya, walaupun tidak ada satu orang perempuan pun yang pernah bermimpi menjadi janda, namun jika takdir berkata lain, lantas mau berbuat apa lagi. Ada beberapa negara yang jumlah jandanya cukup fantastis, bahkan mencapai 40 juta jiwa lebih.

Menurut data yang dipaparkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tercatat ada sekitar 258 juta janda yang tersebar di seluruh dunia. Dan yang disayangkan, satu dari sepuluh janda hidup di bawah garis kemiskinan. Lantas, negara mana yang memiliki jumlah janda terbanyak di dunia? Kalau kamu penasaran, berikut ini daftarnya!

1. Rusia

Negara yang kini tengah memiliki konflik dengan Ukraina ini ternyata termasuk negara dengan jumlah janda terbanyak di dunia. Tercatat jumlah pernikahan di Rusia ada sekitar 65,2 juta, dan pada tahun 2010 ada sekitar 7,1 juta perempuan yang menyandang status janda. Hingga saat ini jumlah janda di Rusia semakin meningkat hingga mencapai 11,6 juta jiwa.

Negara dengan Jumlah Janda Terbanyak (via Tribunnews)

2. Amerika Serikat

Negara ini memiliki masyarakat yang kompleks sehingga berimbas pada rumitnya berbagai masalah sosial yang terjadi. Salah satu problem yang muncul adalah tingginya tingkat perceraian, sehingga memberi kontribusi pada banyaknya perempuan dengan status janda.

Dari sebuah survey menunjukkan bahwa jumlah janda di Amerika Serikat mencapai 13,6 juta jiwa pada tahun 2010. Dan kabar baiknya, pada tahun 2015 jumlah janda menurun menjadi 12,8 juta jiwa.

Negara dengan Jumlah Janda Terbanyak (via Indeks News)

3. Indonesia

Tanah air Indonesia ternyata juga masuk ke dalam daftar negara dengan jumlah janda terbayak di dunia lho. Bahkan angka perceraian tiap tahunnya meningkat di Indonesia. Dan menurut sebuah survey, disebutkan pada tahun 2015 jumlah janda di Indonesia mencapai 9,5 juta jiwa.

Negara dengan Jumlah Janda Terbanyak (via Sindonews)

4. China

China yang termasuk negara padat penduduk ini ternyata juga memiliki jumlah janda terbanyak di dunia. Di Negeri Tirai Bambu ini terdapat sekitar 44,5 juta jiwa. Dan hampir separuh diantaranya adalah janda dengan usia 65 tahun ke atas.

Negara dengan Jumlah Janda Terbanyak (via Okezone)

5. India

Negara terakhir dengan jumlah janda terbanyak di dunia adalah India. Negara asal Shah Rukh Khan ini menduduki peringkat kedua di dunia dengan jumlah janda mencapai 42,4 juta jiwa. Bahkan menurut sebuah survey, India pernah menduduki peringkat pertama sebagai negara yang paling banyak jumlah jandanya, yakni sekitar 46,4 juta jiwa.

Nah, itu tadi lima negara dengan jumlah janda terbanyak di dunia. Banyaknya perempuan yang menyandang status janda bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari kematian pasangan hingga perceraian.

Negara dengan Jumlah Janda Terbanyak (via Oretzz)