Nggak Cuma Pempek, Ini 4 Makanan Khas Palembang yang Juga Menggugah Selera

Apa saja makanan khas Palembang yang terkenal selain pempek? Yuk simak daftarnya untuk memperkaya referensi saat berlibur!

Makanan khas Palembang yang paling terkenal, bahkan disukai banyak orang adalah Pempek. Padahal makanan khas Palembang nggak cuma itu lho. Sebagai kota terbesar kedua di Sumatera, setelah Medan, Palembang memiliki makanan khas yang siap menggoyang lidah.

Nah dari pada penasaran, berikut ini beberapa makanan khas Palembang yang bikin kamu ngiler banget. Apa saja?

1. Tekwan

Kamu pernah mendengar makanan bernama Tekwan? Makanan ini termasuk makanan khas Palembang yang sering disebut sebagai baksonya Palembang. Bumbu yang digunakan untuk membuat Tekwan hampir sama dengan pempek.

Dalam satu porsi Tekwan terdapat kuah kaldu udang yang gurih dan sedap. Selain itu, Tekwan juga dilengkapi dengan bawang goreng, daun seledri, daun bawang, potongan bengkuang, bihun, dan jamur kuping. Pokoknya lezat banget deh.

Makanan Khas Palembang (via CNN Indonesia)

2. Celimpungan

Makanan khas Palembang yang kedua adalah Celimpungan. Makanan yang terbuat dari ikan dan sagu ini biasanya hadir saat lebaran. Jika Tekwan menggunakan kuah udang, kalau celimpungan adalah makanan berkuah yang menggunakan bumbu kari yang memiliki rasa gurih.

Makanan Khas Palembang (via Sripoku)

3. Pindang Patin

Selanjutnya ada Pindang Patin yang juga merupakan makanan khas Palembang. Makanan dimasak bersama bumbu-bumbu rempah khas Palembang ini terbuat dari Ikan pating dan disajikan dengan kuah santan yang sedap. Memiliki cita rasa asam, manis, dan pedas, Pindang Pating cocok banget kalau disajikan bersama nasi putih hangat dan sambal tempoyak.

Makanan Khas Palembang (via Detik Sumsel)

4. Mie Celor

Makanan khas Palembang yang terakhir adalah Mie Celor. Para pecinta mie pasti bakalan ketagihan kalau mencoba Mie Celor. Mie Celor ini unik karena menggunakan kuah yang berasal dari kaldu ebi.

Dalam satu porsi Mie Celor kamu bisa menemukan mie, kuah santan kaldu ebi, tauge, telur, kucai, dan daging udang. Mie Celor ini biasanya disantap di pagi hari sebagai sarapan.

Nah, itu tadi empat makanan khas Palembang yang nggak kalah enak dengan pempek. Tertarik mencoba?

Makanan Khas Palembang (via Kompas)