Ini Dia 5 Deret HP di Indonesia yang Punya Internet Terkencang

Ini Dia 5 Deret HP di Indonesia yang Punya Internet Terkencang

Ookla, perusahaan yang meneliti jaringan global baru saja merilis daftar handphone (HP) yang memiliki performa internet tercepat di dunia periode Oktober-Desember tahun 2022.

 

Dari judul daftar ‘Speedtest Global Index’ tersebut, Ookla mengatakan jika iPhone serta salah satu ponsel flagship  Samsung yakni Galaxy S22 Ultra, termasuk dalam daftar 5 HP yang memiliki internet tercepat di Indonesia.

 

Selain itu, iPhone 13 Pro juga termasuk sebagai ponsel dengan internet terkencang untuk kuartal IV-2022 yang kecepatan unduhnya mencapai 46,73 Mbps, 13,76 Mbps serta latency 46 ms.

 

Bisa dibilang, iPhone 13 Pro jauh lebih unggul dibandingkan Galaxy S22 Ultra yang berada pada posisi ke 4 dengan kecepatan unduh 38,39 Mbps, upload 12,99 Mbps serta latency 48 ms.

 

Jadi, bila diurutkan apa saja deretan HP dengan internet terkencang, maka daftarnya akan menjadi seperti berikut ini:

 

  1. iPhone 13 Pro

  2. iPhone 13 Pro Max

  3. iPhone 13

  4. Galaxy S22 Ultra

  5. iPhone 12

 

Ookla sendiri mengambil hasil risetnya tersebut dari jumlah pengguna serta perangkat dalam satu wilayah sehingga jumlah pemakaian dalam pasar akan mempengaruhi daftar HP dengan internet tercepat.

 

Kemungkinan besar, keberhasilan dari iPhone 13 Pro dkk ini mengungguli kecepatan internet yang dimiliki Galaxy S22 Ultra pada kuartal IV-2022 dibandingkan kuartal sebelumnya.

 

Lalu, antara kuartal III dan IV, lebih banyak diambil alih oleh iPhone 14 Pro Max yang digunakan di wilayah dengan cakupan jaringan yang lamban.

 

Ilustrasi iPhone 13 Pro Max (kompas)

 

Semakin besar suatu model HP dipakai, semakin banyak juga sampel data yang bisa diperoleh oleh Ookla.

 

Lain halnya dengan Amerika Serikat (AS), ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 4 terpilih sebagai HP dengan kecepatan internet terbaik dan tercepat.

 

Seri Samsung ini pun tercatat memiliki kecepatan unduh 147,25 Mbps, unggah 13,95 Mbps serta pemrosesan data (latency) 55 milidetik (ms).

 

Ilustrasi Galaxy S22 Ultra (kompas)