Inilah Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini, Orangtua Wajib Tahu

Bisakah orangtua mengetahui bakat anak sejak dini? Biar lebih jelas, yuk simak jawabannya dalam ulasan berikut ini!

Bisakah orangtua mengetahui bakat anak sejak dini? Setiap anak memiliki minat, bakat dan kemampuan yang berbeda. Tugas orangtua untuk mengetahui bakat anak sejak dini guna memaksimalkan kemampuan di bidang tersebut. Namun, banyak orangtua yang masih bingung bagaimana cara untuk mengetahui minat bakat anak. Supaya tidak bingung lagi, mari simak bersama informasi berikut ini:

1. Mengenalkan Anak dengan Berbagai Bidang

Hal pertama yang perlu dilakukan orangtua untuk mengetahui bakat anak adalah dengan mengenalkan anak pada berbagai bidang. Kenalkan anak pada dunia seni, olahraga, sains, dan sebagainya sehingga pikiran anak terbuka akan berbagai pengetahuan yang baru. Ini adalah langkah awal bagi orangtua membantu anak menemukan bakatnya sehingga bisa menentukan langkah untuk memberikan bimbingan.

Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini (via Berkeluarga)

2. Perhatikan Hal yang Disukai Anak

Setelah mengenalkan berbagai bidang pada anak, kemudian orangtua bisa mengamati, bidang apa yang paling anak sukai. Pada beberapa anak, bakat yang ia miliki tampak sangat jelas terlihat sejak kecil. Misalnya saja, ada anak yang memang sudah mengenal nada dan dapat bernyanyi dengan baik dari kecil.

Namun, ada juga anak yang tidak terlihat menonjol pada salah satu bidang. Nah, inilah fungsi dari mengamati apa yang anak sukai. Misalnya saja anak yang suka menyusun balok mainan mungkin menunjukkan bakat sebagai insinyur. Untuk lebih jelasnya, cobalah berkonsultasi dengan ahlinya.

Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini (via Hai Bunda)

3. Membiarkan Anak Mengeksplorasi Kemampuannya

Cara selanjutnya setelah orangtua memperhatikan apa yang anak sukai adalah dengan membiarkan anak mengeksplorasi kemampuannya dalam bidang yang anak sukai. Apresiasilah keinginan anak saat ia ingin mengeksplorasi lebih dalam bidang yang dia sukai. Orangtua hanya perlu mendukung, mengarahkan dan mengawasi dengan baik.

Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini (via Grid)

4. Daftarkan Anak Ikut Tes Minat dan Bakat

Langkah selanjutnya adalah dengan mendaftarkan anak untuk mengikuti tes kemampuan minat dan bakat, seperti tes IQ. Tes ini akan membantu orangtua untuk menemukan bakat anak. Hasil tes akan dianalisa langsung oleh psikolog dan dilanjutkan dengan sesi konseling untuk membahas hasil laporan tes.

Dari hasil tes dan konseling dengan psikolog, orangtua dapat merencanakan program belajar dan aktivitas yang dapat memaksimalkan potensi, minat, dan bakat anak secara maksimal. Jika ada masalah, orangtua juga bisa segera melakukan tindakan preventif.

Itulah 4 langkah yang perlu orangtua lakukan untuk menemukan bakat anak sejak dini. Semakin dini bakat anak ditemukan, maka akan semakin mudah memaksimalkan potensi anak.

Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini (via Hai Bunda)